ECONOMICS

Langgar Izin Usaha, 32 Pengusaha Terjerat Tindak Pidana Ringan

Dimas Choirul 24/06/2022 03:07 WIB

Akibat melanggar izin usaha, sebanyak 32 orang yang mayoritas terdiri dari pemilik kos dan pengusaha terjerat tindak pidana ringan.

Langgar Izin Usaha, 32 Pengusaha Terjerat Tindak Pidana Ringan. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Akibat melanggar izin usaha, sebanyak 32 orang yang mayoritas terdiri dari pemilik kos dan pengusaha terjerat tindak pidana ringan. Bahkan, ada yang terkena denda hingga Rp48,2 juta.

Hal itu terlihat dalam sidang yustisi tindak pidana ringan (tipiring) yang dihelat Satpol PP Jakarta Barat di Kantor Wali Kota Jakarta Barat pada Kamis (23/6/2022).

"Yang hadir dalam sidang yustisi tipiring tadi ada 32 orang," ujar Kepala Seksi Operasi Satpol PP Jakarta Barat, Sumardi Siringoringo saat dikonfirmasi, Kamis (23/6/2022).

Dikatakan Sumardi, puluhan pengusaha yang melanggar itu mayoritas sebagai pemilik kos-kosan. Mereka terbukti tidak memiliki izin usaha dan tidak melapor kepada RT, RW maupun Lurah.

Selain itu, pelanggaran lainnya yang dilakukan pemilik usaha yaitu terkait perizinan. "Yang lainnya itu banyak pelanggaran masalah usaha yang tidak memiliki izin," ungkap Sumardi. 

Sumardi menyebut para pelanggar itu kemudian dikenakan denda berupa uang. Total denda yang diperoleh dari 32 pelanggar tersebut, yakni mencapai 48.200.000.

"Total denda pelanggar yang hadir mencapai 48.200.000," pungkasnya. (TYO)

SHARE