ECONOMICS

Pandemi Reda, Aktivitas Bongkar Muat Kembali Bergeliat

Anggie Ariesta 09/03/2022 09:07 WIB

Meredanya pandemi Covid-19 membuat aktivitas manufaktur kendaraan dan logistik kembali meningkat sehingga berdampak positif pada bongkar muat.

Meredanya pandemi Covid-19 membuat aktivitas manufaktur kendaraan dan logistik kembali meningkat sehingga berdampak positif pada bongkar muat. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Adanya pandemi Covid-19 secara tidak langsung turut mempengaruhi kegiatan operasional PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC). Meredanya pandemi Covid-19 justru membuat aktivitas manufaktur kendaraan dan logistik kembali meningkat sehingga berimbas positif pada meningkatnya aktivitas bongkar muat kendaraan di Terminal IPCC.

Berdasarkan penjelasan terkait pandemi di keterbukaan informasi BEI, dikutip Rabu (9/3/2022), industri pelabuhan merupakan sektor kritikal yang bidang usahanya berkaitan dengan logistik, sehingga Indonesia Kendaraan Terminal sebagai bagian dari anak usaha BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang menjalankan kegiatan usahanya berhubungan dengan logistik dan pelabuhan berupaya agar seluruh pengguna jasa tetap memperoleh pelayanan jasa kepelabuhanan sesuai kebutuhan masing-masing.

"Secara keseluruhan jumlah kargo kendaraan yang dilayani sepanjang bulan Februari 2022 cenderung variatif dari bulan sebelumnya seiring dengan awal tahun dimana secara historis kegiatan manufaktur dan logistik ke Pelabuhan memang belum meningkat tinggi," tulis Sekretaris Perusahaan IPCC, Sofyan Gumelar. 

Tercatat, total kargo kendaraan CBU di Lapangan Internasional di bulan Februari 2022 ditangani sebanyak 25.436 unit, turun 27,90% YoY dari periode yang sama di tahun sebelumnya; Alat Berat sebanyak 1.456 unit, naik 52,94% YoY; dan General Cargo sebanyak 5.880 M3 , naik 21,62% YoY. 

Begitupun dengan domestik yang secara rerata juga cenderung variatif dimana CBU sebanyak 20.286 unit, naik 63,11% YoY; Alat Berat sebanyak 6.093 unit dan General Cargo sebanyak 1.009 M3 dimana masing-masing naik 297,46% dan turun 33,72% YoY dibandingkan pencapaian yang sama di tahun sebelumnya.

Meski demikian IPCC memastikan kepada seluruh pelanggannya bahwa sampai dengan saat ini kegiatan usaha dan pelayanan IPCC masih tetap beroperasi normal sebagai upaya mempertahankan kelancaran arus logistik dan bongkar muat kendaraan. 

Upaya tersebut dijalankan dengan strategi pembagian shift bergilir bagi petugas operasional dengan dibekali Alat Pelindung Diri (APD) operasi yang terstandarisasi dan tambahan pelindung untuk pencegahan penyebaran Covid-19. 

Selain itu, IPCC tidak melakukan penghentian ataupun pembatasan operasional dengan adanya Pandemi Covid-19 dimana operasi lapangan dan dermaga tetap berjalan. 

Dari sisi hukum, hingga kini tidak ada kasus atau permasalahan hukum yang terjadi di IPCC selama Pandemi Covid-19. Sedangkan dari sisi keuangan, terlihat mulai terdapat perbaikan dengan normalnya pengiriman kargo kendaraan ke Terminal IPCC. (TIA)

SHARE