Dampak Perang Dagang, Bikin Dunia Merugi Rp8.200 Triliun
IDXTainment
Fahmi Abidin
Selasa, 20 Agustus 2019 11:15 WIB
Konflik dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu bakal membuat PDB global turun 0,6 persen pada 2021 dari proyeksi tanpa perang dagang.
Dampak Perang Dagang, Bikin Dunia Merugi Rp8.200 Triliun. (Foto: Ist)

IDXChannel - Perang dagang antara AS dan China yang terus berlanjut berdampak serius terhadap ekonomi global. Situasi ini diperkirakan menekan produk domestik bruto (PDB) global setidaknya hingga dua tahun ke depan.

Berdasarkan laporan terbaru Bloomberg yang ditulis Dan Hanson, Jamie Rush dan Tom Orlik pada Selasa (20/8), konflik dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu bakal membuat PDB global turun 0,6 persen pada 2021 dari proyeksi tanpa perang dagang. Jumlah itu setara 585 miliar Dolar AS, sekitar Rp8.200 triliun.

Dari asumsi tersebut, China terdampak paling serius dengan perkiraan penurunan PDB sebesar 1 persen sementara PDB AS bakal turun 0,6 persen. Kerugian tersebut lebih besar daripada tarif impor tambahan yang diterapkan kedua negara.

“Dampak cuitan (Presiden Donald Trump) lebih besar daripada tarif,” tulis laporan tersebut.

Presiden Trump berkali-kali menyampaikan perkembangan terbaru soal perang dagang AS-China lewat akun Twitter-nya. Perkembangan yang mencakup negosiasi tersebut menunjukkan kemajuan dan kemunduran, sehingga membuat investor dan pelaku usaha gugup mengambil keputusan bisnis.

Laporan tersebut mengatakan, langkah bank sentral AS The Fed memangkas suku bunga 0,25 persen berdampak positif untuk menetralisir perang dagang. Namun, kebijakan moneter dinilai tidak cukup mengantisipasi kerugian yang ditimbulkan. (*)

Baca Juga