Pesawat Garuda Khusus Haji Balik ke Bandara Setelah 4 Jam Terbang
IDXTainment
Fahmi Abidin
Kamis, 18 Juli 2019 16:15 WIB
Pesawat Garuda Indonesia yang membawa calon jemaah haji dari Makassar menuju Madinah putar balik setelah terbang sekitar empat jam.
Pesawat Garuda Khusus Haji Balik ke Bandara Setelah 4 Jam Terbang. (Foto: Ist)

IDXChannel - Pesawat Garuda Indonesia yang membawa calon jemaah haji dari Makassar menuju Madinah putar balik setelah terbang sekitar empat jam. Kabar ini disampaikan oleh Kepala Daerah Kerja Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Jauhari.

"Pesawat maskapai Garuda Indonesia yang mengangkut jemaah haji menuju Madinah mengalami masalah teknis. Akibatnya, pesawat tersebut terpaksa kembali ke bandara asal di Makassar dan mengalami keterlambatan," jelasnya, Rabu (17/7).

Berdasarkan laporan yang diterima PPIH Daker Madinah, pesawat GA1114 tersebut mengangkut sekitar 400 jemaah asal kloter Ujung Pandang (UPG) 14, dari Bandara Sultan Hasanuddin menuju Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah.

"Sesuai laporan, pesawat sudah sempat terbang. Karena ada alasan teknis sehingga kembali lagi (ke bandara) dan baru diterbangkan 10 jam kemudian," lanjut Akhmad.

Berdasarkan data Flight Aware, pesawat telah berangkat pada 19:00 WITA (16/7). Pesawat Boeing 737-400 tersebut sudah terbang selama 2 jam sebelum putar balik. Artinya, pesawat tersebut mengudara 4 jam untuk kembali ke Bandara Sultan Hasanuddin.

Garuda Indonesia telah menginformasikan keterlambatan tersebut kepada tim PPIH di Madinah. Pesawat akhirnya diberangkatkan kembali pada pukul 06:00 WITA (17/7). Pesawat yang seharusnya tiba pukul 01:15 waktu Saudi molor menjadi pukul 11:25.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan akibat keterlambatan penerbangan ini," kata Garuda Indonesia melalui pernyataan resmi.

Baca Juga