Trump Berang, Google dan Facebook cs Dikenai Pajak di Prancis
IDXTainment
Fahmi Abidin
Kamis, 11 Juli 2019 17:15 WIB
residen Amerika Serikat (AS) Donald Trump gusar dan memerintahkan penyelidikan atas rencana Prancis yang akan mengenakan pajak terhadap perusahaan teknologi.
Trump Berang, Google dan Facebook cs Dikenai Pajak di Prancis. (Foto: Ist)

IDXChannel - Di tengah maraknya isu pajak perusahaan digital di era industri 4.0, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump gusar dan memerintahkan penyelidikan atas rencana Prancis yang akan mengenakan pajak terhadap perusahaan teknologi.

"Amerika Serikat sangat khawatir bahwa pajak layanan digital yang diperkirakan akan dibahas Senat Prancis secara tidak adil akan menargetkan perusahaan-perusahaan Amerika," tutur Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dikutip dari Reuters (11/7).

Lighthizer akan melakukan investigasi ‘section 301’ untuk melakukan penyelidikan apakah rencana pajak digital Prancis akan merugikan perusahaan teknologi Amerika atau tidak. Investigasi ini akan memastikan apakah retribusi terhadap perusahaan digital AS akan menimbulkan praktik perdagangan yang tidak adil dan diskriminatif.

Sementara itu, Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire, Maret lalu mengumumkan pengenaan pajak sebesar 3% atas pendapatan Perancis dari perusahaan besar, yang bergerak di sektor internet, dengan penghasilan 500 juta euro atau setara USD 563 juta per tahun.

Pajak akan memengaruhi perusahaan dengan setidaknya memiliki pendapatan tahunan sekira 750 juta euro atau USD 844 juta dan berlaku untuk pendapatan dari bisnis digital termasuk iklan online.

Di sisi lain, kelompok industri teknologi ITI, yang mewakili Apple, Amazon, Google dan perusahaan teknologi lainnya yang berpotensi terdampak, mengaku mendukung upaya investigasi ‘section 301’ yang diinisiasi pemerintah AS ini. (*)

Baca Juga