29,3 Juta Warga Indonesia Akan Dapat BLT dari Pemerintah

Market News
Fahmi Abidin
Kamis, 26 Maret 2020 14:15 WIB
Pemerintah tetap fokus meminimalkan dampak bagi perekonomian Indonesia di tengah pandemi wabah virus korona dengan memberikan bantuan langsung tunai (BLT).
29,3 Juta Warga Indonesia Akan Dapat BLT dari Pemerintah. (Foto: Ist)

IDXChannel – Pemerintah tetap fokus meminimalkan dampak bagi perekonomian Indonesia di tengah pandemi wabah virus korona dengan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk masyarakat miskin demi mempertahankan kelangsungan sektor usaha demi menghindari terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Pertama pasti adalah masyarakat rumah tangga miskin. 40 persen dari rumah tangga termiskin kira-kira 29,3 juta, ini kita alokasikan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai atau BLT,” jelas Sekretaris Menteri Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso, pada Kamis (26/3/2020).

Dari presentase tersebut, data yang sudah valid yakni sebanyak 15,2 juta orang yang merupakan peserta penerima Bantuan Pangan Non Tunai dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan untuk 14,1 juta orang lainnya masih perlu divalidasi lebih lanjut.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan BLT untuk para komunitas terdampak seperti sektor informal seperti warung, toko-toko kecil, dan pedagang pasar yang data lengkapnya akan dikelola pemerintah yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah, asosiasi, dan pihak terkait lainnya.

Susiwijono juga memikirkan komunitas terdampak lainnya seperti pelaku usaha transportasi online, juga para pekerja harian di pusat perbelanjaan, yang datanya akan didapatkan melalui kerjasama dengan asosiasi.

“Kita juga akan data pekerja informal harian untuk mendapatkan BLT dalam rangka meningkatkan daya beli,” pungkasnya. (*)

Baca Juga