Akibat Virus Corona, Lion Air dan AirAsia Hentikan Rute Penerbangan ke Wuhan

Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 24 Januari 2020 14:15 WIB
Maskapai penerbangan Lion Air Group serta AirAsia hentikan sementara rute penerbangan ke Wuhan, begitu pula sebaliknya.
Akibat Virus Corona, Lion Air dan AirAsia Hentikan Rute Penerbangan ke Wuhan. (Foto: Ist)

IDX Channel – Maskapai penerbangan Lion Air Group serta AirAsia hentikan sementara rute penerbangan ke Wuhan, begitu pula sebaliknya. Keputusan tersebut diambil sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

Sementara itu, Otoritas Wuhan juga melarang perjalanan ke Wuhan untuk mencegah penyebaran virus. Malindo Air di bawah Lion Air Group untuk sementara tidak akan melakukan penerbangan Internasional dari dan ke Kuala Lumpur serta Wuhan, hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Dikatakan Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro, upaya pencegahan itu mencakup penyediaan dan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku, serta menyediakan masker, sarung tangan (hand gloves) , dan cairan/ gel pembersih tangan (hand sanitizer) guna antisipasi tertular pada awak pesawat.

Jurus serupa juga dilakukan AirAsia dengan membatalkan semua penerbangan dari Kota Kinabalu, Bangkok dan Phuket ke Wuhan, China hingga 28 Januari 2020.

“AirAsia memastikan bahwa keselamatan dan kesejahteraan tamu adalah prioritas utamanya. AirAsia mematuhi saran dan peraturan dari otoritas kesehatan global dan lokal, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia," tulis AirAsia.

Untuk keamanan penumpang AirAsia yang berada di Wuhan, disarankan menghubungi misi diplomatik atau kedutaan masing-masing di China agar mendapatkan bantuan. (*)

Baca Juga