Alasan Saudi Aramco Mulai Melepaskan Saham Greenshoe

Market News
Fahmi Abidin
Senin, 13 Januari 2020 10:00 WIB
Aramco menyebutkan bahwa mereka telah melaksanakan opsi greenshoe untuk melepas 450 juta saham tambahan sehingga menaikkan nilai IPO menjadi rekor USD29,4 M.
Alasan Saudi Aramco Mulai Melepaskan Saham Greenshoe. (Foto: Ist)

IDXChannel - Saudi Aramco menyebutkan bahwa mereka telah melaksanakan opsi greenshoe untuk melepas 450 juta saham tambahan sehingga menaikkan nilai IPO menjadi rekor USD29,4 miliar.

Aramco sebelumnya sudah mencetak rekor nilai IPO terbesar di dunia sebesar USD25,6 miliar pada Desember lalu dengan melepas 3 miliar saham pada harga 32 riyal per saham namun mereka mengindikasikan akan melepas saham tambahan.

Greenshoe option memperbolehkan perusahaan menerbitkan saham lebih banyak lewat IPO ketika permintaan lebih besar dari yang diperkirakan selama masa penawaran.

INVESTOR ARAMCO

Investor yang diperbolehkan mendapatkan saham tambahan adalah yang sudah melakukan proses penawaran sebelumnya, kata Aramco.

Saham Aramco turun menjadi 34 riyal pada penutupan 8 Januari lalu ke level terendah sejak 11 Desember 2019 namun berhasil rebound sehari kemudian ke level 35 riyal. (*)

Baca Juga