Anak Usaha Telkom Beli 6.050 Menara Senilai Rp10,3 Triliun

Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 16 Oktober 2020 15:15 WIB
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menyampaikan bahwa kedua anak usaha yakni Mitratel dan Telkomsel melakukan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Bersyarat
Anak Usaha Telkom Beli 6.050 Menara Senilai Rp10,3 Triliun. (Foto: Ist)

IDXChannel - Emiten PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) mengungkapkan dalam keterbukaan informasi BEI, Jumat (16/10/2020), bahwa kedua anak usaha yakni Mitratel dan Telkomsel melakukan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sale and Purchase Agreement (CSPA).

Perjanjian yang ditandatangani pada 14 Oktober 2020 di Jakarta, antara PT Dayamitra Telekomunikasi dengan PT Telekomunikasi Selular dilakukan untuk membeli 6.050 menara telekomunikasi milik Telkomsel senilai Rp10,3 triliun.

Dengan pembelian ini, terhitung sejak terpenuhinya segala kewajiban berdasarkan Perjanjian Jual Beli Bersyarat dan ditandatanganinya akta pengalihan antara para pihak, jumlah menara telekomunikasi Mitratel bertambah 6.050 menara,sehingga total menara telekomunikasi Mitratel menjadi lebih dari 22.000 menara.

Pembelian menara telekomunikasi ini akan memperkuat fundamental bisnis dan menciptakan nilaitambah bagi Mitratel, sekaligus membantu Mitratel merealisasikan rencana jangka panjangnya.

“Ke depan Telkomsel akan fokus pada bisnis utamanya sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia dengan membangun ekosistem digital dan memberikan pengalaman digital connectivity terbaik bagi pelanggan Telkomsel. Transaksi ini adalah bagian dari penataan portofolio bisnis Telkom untuk menciptakan value yang optimal bagi pemegang saham,” tulis perseroan dalam keterangan tertulis.

Sekadar diketahui, Mitratel merupakan anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang penyediaan infrastruktur telekomunikasi. Hingga kini Mitratel telah mengelola menara telekomunikasi yang tersebar di berbagai wilayah dan melayani semua operator seluler di Indonesia.

Sedangkan Telkomsel adalah anak perusahaan dari Telkom yang bergerak di bidang penyediaan layanan telekomunikasi selular dan produk-produk telekomunikasi digital. Untuk transaksi ini merupakan transaksi afiliasi yang dikecualikan karena merupakan kegiatan usaha utama dari Perusahaan Terkendali. (*)

Baca Juga