Animo Investor Tak Turun, BKPM: Seribu Lebih NIB Terbit Per Hari

Market News
Shifa Nurhaliza
Sabtu, 21 Maret 2020 09:45 WIB
Ditengah wabah virus korona, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) beranggapan bahwa hal ini tidak membuat animo investor untuk berinvestasi menurun.
Animo Investor Tak Turun, BKPM: Seribu Lebih NIB Terbit Per Hari. (Foto: Ist)

IDXChannel – Melihat kondisi saat ini akibat penyebaran virus korona di Indonesia, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) beranggapan bahwa hal ini tidak membuat animo investor untuk berinvestasi menurun.

Setelah di cek melalui dashboard center BKPM, animo investor tidak mengalami penurunan ditengah wabah virus korona dan para investor justru mencari NIB ke BKPM bahkan pada hari libur baik Sabtu dan Minggu dengan rata-rata di atas 100 NIB saat libur. Hal ini dikatakan langsung oleh Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary Marimbo.

Rizal juga mengatakan, “Hingga Pukul 12.00 WIB, BKPM telah menerbitkan 1.078 Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan jumlah izin usaha sebanyak 3.314. Rizal mengatakan bila dirata-rata, NIB perhari terbit sekitar seribuan,” jelasnya, pada Jumat (20/3/2020).

Sesuai Inpres No.7/2019, setelah memperoleh NIB, investor tidak lagi mengurus sendiri izin-izin di Kementerian dan Lembaga. Sebab, perizinan sektoral lainnya sudah berada dibawah tanggung jawab BKPM.

“Saat ini sebanyak 22 Kementerian dan Lembaga sudah berkantor di BKPM. Jadi, masuk dan keluarnya sudah di BKPM. Tidak usah lagi investor mondar-mandir sendirian atau keluyuran ke kementerian lainnya. Masuk di BKPM dan keluar juga di BKPM,” ungkapnya. (*)

Baca Juga