Bank Indonesia Proyeksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,5 Persen

Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 24 Januari 2020 14:00 WIB
Bank Indonesia (BI) proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu mencapai 5,5% seiring dengan pergerakan ekonomi global yang semakin membaik.
Bank Indonesia Proyeksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,5 Persen. (Foto: Ist)

IDXChannel – Bank Indonesia (BI) proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu mencapai 5,5% seiring dengan pergerakan ekonomi global yang semakin membaik.

“2020 kami perkirakan (pertumbuhan ekonomi) 5,1% sampai 5,5 %, dengan titik tengah 5,3%,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di Jakarta, pada Kamis (23/1/2020).

Bank Indonesia sebelumnya memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global pada 2020 hanya sanggup berada di level 3,1%. Namun, angka tersebut justru meningkat dari prediksi yang ditetapkan sebelumnya yakni 3,2%.

“Semula kami perkirakan tumbuh 3,1%. Setelah kami bahas dalam dua hari ini, akan bisa naik jadi 3,2%," imbuh Perry.

Ditambahkan Perry, kondisi ekonomi global yang mulai ada perbaikan ke arah positif, menimbulkan adanya optimisme terhadap prediksi tersebut. Hal ini ditandai dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara berkembang yang lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

“Beberapa indikator dini global terkait indeks manufaktur, indeks pemesanan ekspor, indeks produksi, dan indeks keyakinan membaik dalam dua bulan terakhir 2019,” pungkas Perry.

Dampak dari optimisme tersebut, mengakibatkan menurunnya ketidakpastian di pasar keuangan global yang pada akhirnya mendorong peningkatan aliran masuk modal asing ke negara-negara berkembang. (*)

Baca Juga