Bank Syariah BUMN Merger di 2021, Ini Alasan Erick Thohir

Market News
Shifa Nurhaliza
Jumat, 03 Juli 2020 08:45 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, bahwa pihaknya sedang mengkaji penggabungan perbankan syariah pada Februari 2021.
Bank Syariah BUMN Merger di 2021, Ini Alasan Erick Thohir. (Foto: Ist)

IDXChannel - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, bahwa pihaknya sedang mengkaji penggabungan perbankan syariah pada Februari 2021.

"Kita coba sedang kaji bank-bank syariah, jadi semua kita coba merger. Insya Allah Februari tahun depan jadi satu," jelasnya dilansir iNews, Jumat (3/7/2020).

Tujuan Erick tersebut agar bank syariah lebih besar dan kuat sehingga menjadi alternatif pembiayaan, karena Indonesia memiliki pangsa pasar keuangan syariah dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

"Kenapa saya menginginkan merger syariah? Karena Indonesia yang penduduk muslim terbesar tidak punya fasilitas itu. Nah, kalau syariah di merger, bisa menjadi top bank yang menjadi alternatif pilihan," katanya.

Erick mengatakan perusahaan tersebut adalah 3 bank syariah milik BUMN dan satu unit usaha, yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BRI Syariah, dan 1 unit usaha syariah Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Hal ini untuk menambah pendanaan kepada pembiayaan syariah. (*)

Baca Juga