Beri Tanah Gratis, Indonesia Jadi Tujuan Relokasi Pabrik Asal China

Market News
Shifa Nurhaliza
Senin, 13 Juli 2020 17:00 WIB
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjelaskan bahwa Indonesia kini jadi tujuan relokasi pabrik-pabrik perusahaan besar asal China.
Beri Tanah Gratis, Indonesia Jadi Tujuan Relokasi Pabrik Asal China. (Foto: Ist)

IDXChannel - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjelaskan bahwa Indonesia kini jadi tujuan relokasi pabrik-pabrik perusahaan besar asal China meski sebelumnya lebih tertarik dengan Vietnam.

" 2018-2019, tidak ada perusahaan yang merelokasi pabriknya dari China ke Indonesia, semuanya ke Vietnam. Sekarang sudah tujuh, kemarin sudah diresmikan dan nantinya ada 17 perusahaan yang sudah 70-80% potensinya akan masuk," ujar Bahlil dalam acara launching buku Indef secara virtual, seperti dilansir SINDONews, Senin (13/7/2020).

Bahlil menjelaskan ini bisa terjadi karena penawaran menarik yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada perusahaan tersebut. Contohnya, Kawasan Industri Batang di Jawa Tengah yang akan dimulai pembangunannya dengan memberikan tanah secara cuma-cuma.

“Kita kasih tanah gratis saja, kemarin kita bikin di Batang, presiden resmikan. Ini tanahnya BUMN, infrastruktur dibangun oleh APBN, sumber daya disewa aja karena kawasan industri sekarang ini bukan kawasan industri investor, tapi kawasan industri tanah. Belum ada industrinya tapi tanahnya sudah ada," pungkasnya. (*)

Sejatinya, dengan adanya kawasan industri di wilayah Batang, Bahlil mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan perhatian lebih kepada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). “Dengan adanya kawasan industri Batang saya kasih ke UMKM, supaya besar bareng-bareng,” imbuhnya. (*)

Baca Juga