BLT Tahap IV untuk 2,8 Juta Pekerja Cair, Yuk Intip Rekening!

Market News
Shifa Nurhaliza
Selasa, 22 September 2020 09:45 WIB
Bantuan subsidi gaji tahap IV, Kementerian Ketenagakerjaan telah menerima 2,8 juta data calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan.
BLT Tahap IV untuk 2,8 Juta Pekerja Cair, Yuk Intip Rekening!. (Foto: Ist)

IDXChannel - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengungkapkan bahwa penyaluran subsidi upah/gaji berjalan lancar. Data per 18 September 2020 menunjukkan, realisasi penyaluran subsidi gaji/upah tahap I telah mencapai 2.484.429 orang atau 99,38 persen dari total penerima tahap I sebanyak 2,5 juta orang.


Kemudian untuk tahap II, penyalurannya telah mencapai 2.980.346 orang atau 99,34 persen dari total penerima tahap II sebanyak 3 juta orang. Kemudian, sebanyak 2,8 juta pekerja terdaftar sebagai penerima program Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji tahap IV.

“Untuk bantuan subsidi gaji tahap keempat, kami telah menerima 2,8 juta data calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya dalam keterangan resmi Kementerian Ketenagakerjaan, Senin (21/9/2020).

Setelah melakukan verifikasi data, pihaknya akan mencairkan dana itu ke masing-masing rekening pekerja. “Untuk penyaluran tahap IV, kita lakukan secepatnya apabila proses check-list yang membutuhkan waktu paling lama 4 hari kerja telah selesai. Jadi, jika minggu kemarin data diserahkan ke kami pada hari Rabu, maka proses check-list maksimal selesai Selasa (hari ini)," kata Ida.

Selanjutnya, usai dilakukan check list, kata Ida, data tersebut akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Kemudian, KPPN menyalurkan uang subsidi upah tahap IV tersebut kepada Bank Penyalur, yakni Bank yang masuk menjadi anggota Himbara.

"Selanjutnya, Bank-bank Himbara akan menyalurkan uang subsidi upah/gaji ke rekening penerima secara langsung, baik itu rekening bank sesama Himbara, maupun rekening bank swasta lainnya," ujarnya. (*)

Baca Juga