Cegah Virus Korona, Bandara Soetta Hentikan Semua Penerbangan Indonesia-China Mulai Hari Ini

Market News
Fahmi Abidin
Rabu, 05 Februari 2020 16:30 WIB
Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, menghentikan semua rute penerbangan pesawat Indonesia-China begitu juga sebaliknya.
Cegah Virus Korona, Bandara Soetta Hentikan Semua Penerbangan Indonesia-China Mulai Hari Ini. (Foto: Ist)

IDXChannel - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, menghentikan semua rute penerbangan pesawat Indonesia-China begitu juga sebaliknya terhitung mulai Rabu (5/2/2020) pukul 00.00 WIB.

Meski demikian, batas penghentian penerbangan sementara belum ditentukan waktunya. Hal itu sebagai imbas dari menyebarnya virus korona di dunia dan sebagai pencegahan masuknya virus tersebut.

Keputusan tersebut ungkapkan disampaikan President Director PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) Muhammad Awaluddin. Dirinya berharap, stakeholder dapat menerima keputusan ini. “Kami berharap penghentian penerbangan sementara waktu ini, dapat dipahami oleh seluruh pihak. PT Angkasa Pura II sangat mendukung upaya pencegahan masuknya virus korona,” katanya di Tangerang.

Bandara Soetta, sambung Awaludin, telah dioperasikan thermal scanner, dan dilakukan surveillance syndrome guna mengidentifikasi penumpang yang terjangkit virus Corona.

"Saat ini terdapat 16 izin rute penerbangan dari Soetta ke China dan sebaliknya. Izin rute tersebut melayani penerbangan dari dan ke Beijing, Guangzhou Baiyun, Shenzhen Baoan, Shanghai Pudong, dan Kunming," jelasnya.

Kemudian, penerbangan ke Nanning, Haikou Meilan, Fuzhou Changle, dan Xiamen Gaoqi. Total pergerakan pesawat yang melayani rute-rute itu 143 pergerakan per minggunya.

"Untuk maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke China adalah Air China, China Southern, Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Xiamen, China Eastern, Sriwijaya Air, dan Federal Express," sambung Awaluddin lagi seperti dikutip Sindonews, Rabu (5/2/2020).

Terdapat 16-20 slot penerbangan perhari yang idle, karena penerbangan dari dan ke China ditutup. Hal itu, katanya, bisa digunakan Bandara Soetta untuk memperluas konektivitas penerbangan ke negara lain.

“Pasar yang bisa digarap dengan adanya ruang lebih ini adalah rute Asia Barat seperti India, Pakistan, Maladewa, Srilanka, Nepal, Turki hingga Australia," pungkas Awaluddin.

Berikut 6 penerbangan terakhir di Soekarno-Hatta, dari China maupun sebaliknya pada 4 Februari 2020:

Kedatangan: 1. China Southern CZ0387 rute Guangzhou-Jakarta (ETA 21.25 WIB), 2. China Eastern MU5069 rute Shanghai-Jakarta (ETA 21.45 WIB), 3. Air China CA0977 rute Beijing-Jakarta (ETA 21.15 WIB).

Keberangkatan: 1. China Southern CZ0388A rute Jakarta-Guangzhou (ETD 23.00 WIB), 2. China Eastern MU5070 rute Jakarta-Shanghai (ETD 23.00 WIB), 3. Air China CA0978 rute Jakarta-Beijing ( ETD 23.45 WIB). (*)

Baca Juga