Dampak Revisi Kontrak Karya, Inalum Siap Akuisisi INCO
Market News
Fahmi Abidin
Rabu, 10 Juli 2019 15:30 WIB
PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) siap akuisisi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO).
Dampak Revisi Kontrak Karya, Inalum Siap Akuisisi INCO. (Foto: Ist)

IDXChannel - PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) siap akuisisi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Menurut perhitungan awal, valuasi 20% saham INCO tidak sampai USD1,5 miliar.

”Kami sudah hitung angkanya, tidak sampai segitu. Artinya, kalau disuruh akuisisi kami sudah sangat siap,” tegas Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin.

Meski begitu, ia mengatakan hingga kini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum memberikan persetujuan terhadap keinginan Inalum mengakuisisi saham sebagai bagian divestasi INCO. Budi mengaku, pihaknya masih menunggu persetujuan dari pemerintah.

Adapun merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 77/2014, divestasi harus dilakukan paling lambat pada 14 Oktober 2019 atau 5 tahun setelah terbitnya PP tersebut.

Perusahaan multitambang yang berpusat di Brasil itu memiliki kewajiban divestasi saham sebesar 40%. Besaran divestasi itu berdasarkan kesepakatan dalam amandemen kontrak karya pada 2014.

Lebih lanjut Budi menegaskan, Inalum masih sanggup melakukan akuisisi, meskipun akhir tahun lalu telah menggelontorkan lebih dari USD3,85 miliar untuk mengakuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia.

Hingga akhir 2018 sendiri, modal perusahaan yang menjadi induk dari PT Timah Tbk (TINS), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) tercatat sebesar Rp100 triliun, serta memiliki kas internal mencapai Rp20 triliun. (*)

Baca Juga