Dorong Ekonomi Digital, OJK Fokus kepada Tiga Sasaran Strategis
Market News
Fahmi Abidin
Senin, 07 Oktober 2019 15:15 WIB
OJK menjelaskan bahwa akan mendorong sektor pertumbuhan ekonomi digital dengan cara mengarahkan sektor keuangan di Indonesia kepada tiga sasaran strategis.
Dorong Ekonomi Digital, OJK Fokus kepada Tiga Sasaran Strategis. (Foto: Ist)

IDXChannel - Deputi Komisioner OJK Sukarela Batunanggar menjelaskan bahwa akan mendorong sektor pertumbuhan ekonomi digital dengan cara mengarahkan sektor keuangan di Indonesia kepada tiga sasaran strategis.

Sasaran yang pertama adalah OJK akan menciptakan sektor keuangan yang kuat dan stabil kedepannya. Kedua, OJK akan mendorong kontribusi sektor keuangan dalam perkembangan ekonomi melalui penyediaan dana dan fasilitas pembiayaan lain. Ketiga, OJK akan mendorong sektor keuangan untuk bersifat lebih inklusif sehingga sektor keuangan dapat lebih bertanggung jawab dan sustainable.

“OJK akan mengarahkan seluruh sektor keuangan yang ada sekarang, baik bank, lembaga keuangan yang non-bank, pasar modal, termasuk fintech untuk menuju tiga sasaran tadi,” imbuh Batunanggar.

Kemudian untuk mewujudkan sinergi anatara fintech dan lembaga keuangan lain, dirinya mengakui bahwa OJK telah mengadakan kolaborasi dengan pemerintah dan industri. Selanjutnya OJK akan membuat regulasi yang lebih proaktif sehingga dapat mendorong inovasi dan memastikan perusahaan sektor keuangan bertanggung jawab.

“Saat ini OJK melakukan berbagai kajian bagaimana kita bisa mendorong ekonomi digital lebih baik kedepan, terutama di sektor keuangan,” lanjut Batunanggar.

Sukarela juga menuturkan bahwa pelaku industri, fintech dan perbankan harus adaptif dalam merespons tantangan dengan melakukan inovasi terkait ekonomi digital karena terdapat peluang berupa ruang pertumbuhan yang sangat besar. (*)

Baca Juga