Ekonomi China Diyakini Pulih, Bos IMF Dukung Pencegahan Virus Korona

Market News
Fahmi Abidin
Selasa, 04 Februari 2020 15:45 WIB
Menurut Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva, ekonomi China sepenuhnya diyakini pulih.
Ekonomi China Diyakini Pulih, Bos IMF Dukung Pencegahan Virus Korona. (Foto: Ist)

IDXChannel - Menurut Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva, ekonomi China sepenuhnya diyakini pulih.

Hal itu terlihat dari penanganan pemerintah China yang terbuka terhadap bantuan luar negeri, terutama World Health Organization (WHO).

IMF menilai, China dapat mengatasi masalah ekonominya ditengah wabah virus korona yang tak kunjung membaik. Kristalina Georgieva, Direktur Pelaksana IMF menyampaikan simpati mendalam kepada orang-orang yang terdampak serius virus korona.

“Kami mendukung upaya-upaya China untuk merespons, termasuk tindakan fiskal, moneter, dan keuangan baru-baru ini. Kami yakin ekonomi China tetap tangguh," kata Georgieva, pada Senin (3/2/2020).

Sementara itu, juru Bicara IMF Gerry Rice menyebut, pemerintah China menganggap masalah ini dengan sangat serius. Terlebih selain negara maju, Chinan merupakan negara yang pertumbuhan ekonominya paling cepat di dunia.

Untuk membantu membatasi kerugian pasar, Bank sentral Tiongkok, People’s Bank of China (PBOC) juga akan memompa 1,2 triliun Yuan (atau setara USD173 miliar) ke dalam perekonomian.

Bank sentral juga akan luncurkan operasi pembelian kembali terbalik untuk mempertahankan likuiditas yang masuk akal dan berlimpah dalam sistem perbankan, serta pasar mata uang yang stabil, selama virus Korona ini masih ada.

Diperkirakan China hanya lumpuh dalam jangka pendek, terutama pada sektor perekonomian. Pusat keuangan Shanghai dan bisnis manufaktur di wilayah selatan timur juga menutup kegiatan operasi hingga sepekan ke depan.

“Dampak jangka pendek pada pertumbuhan PDB China kemungkinan sangat besar," tulis Oxford Economics dalam risetnya. (*)

Baca Juga