Siap Traveling? Cek Daftar Destinasi Wisata yang Dibuka Kembali

Market News
Shifa Nurhaliza
Rabu, 29 Juli 2020 16:15 WIB
Setelah sempat menutup pariwisata akibat pandemi Covid-19, sejumlah destinasi wisata kini siap menyambut kembali wisatawan di era new normal akhir Juli 2020.
Siap Traveling? Cek Daftar Destinasi Wisata yang Dibuka Kembali. (Foto: Tim Digital Marketing IDX Channel)

IDXChannel - Setelah sempat menutup pariwisata akibat pandemi Covid-19, sejumlah destinasi wisata kini siap menyambut kembali wisatawan di era new normal akhir Juli 2020. Meski demikian, terdapat sejumlah protokol kesehatan wajib dipatuhi.

Penetapan pembukaan kawasan wisata atau reaktivasi tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri LHK No. SK.261/MENLHK/KSDAE/KSA.0/6/2020 tanggal 23 Juni 2020 tentang Kebijakan Reaktivasi Secara Bertahap Di Kawasan Taman Nasional (TN), Taman Wisata Alam (TWA), dan Suaka Margasatwa (SM) dalam kondisi Transisi Akhir Covid-19 (New Normal).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengingatkan agar pekerja serta pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif mempersiapkan diri dan menjalankan protokol kesehatan menyusul rencana Pemerintah untuk membuka sektor pariwisata secara bertahap.

Berikut 6 destinasi wisata yang bisa anda kunjungi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku:

1. Seminyak, Bali
Pemerintah Kabupaten Badung berencana akan membuka kembali kawasan wisata pantai di wilayahnya pada 9 Juli mendatang dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi seluruh pengunjung untuk mencegah penyebaran Covid-19

2. Bali Safari Park
Mulai 9 Juli 2020 Bali Safari Park resmi kembali dibuka setelah dinyatakan lolos verifikasi penerapan protokol kesehatan oleh Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali. Pembukaan kembali ini turut diresmikan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster.

3. Objek Wisata Dieng
Wisata Banjarnegara, Jawa Tengah yang satu ini akan dibuka mulai 1 Agustus 2020. Kawasan wisata Dieng dan objek wisata lain di Banjarnegara diketahui tutup sejak Maret 2020 akibat mewabahnya kasus Covid-19. Meski demikian, Banjarnegara saat ini tengah bersiap untuk membuka lagi sejumlah sektor pariwisatanya.

4. Jawa Timur Park
Setelah menutup destinasi wisatanya selama tiga bulan, manajemen Jawa Timur Park Group telah resmi membuka kembali dua destinasi wisata menyusul diberlakukannya masa transisi menuju tatanan normal baru di Kota Batu, Jawa Timur pada Sabtu 27 Juni lalu. Adapun dua destinasi yang sudah resmi dibuka yaitu Batu Secret Zoo dan Eco Green Park yang berada di Jatim Park 2.

5. Yogyakarta
PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko telah membuka objek wisata tersebut untuk wisatawan pada 1 Juli 2020, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kapasitas pengunjung dan jam operasional akan dibatasi. Kemudian, Taman Sari. Tempat wisata ini sudah dibuka sejak tanggal 8 Juli 2020. Hal ini diumumkan lewat sosial media instagram Taman Sari, namun mereka tetap dengan protokol kesehatan. Di sana wisatawan akan disajikan dengan situs Taman Keraton Yogyakarta yang mempunyai banyak sekali bangunan peninggalan jaman dulu

6. Jakarta
Destinasi wisata utama di DKI Jakarta sudah mulai beroperasi kembali pada Sabtu, 20 Juni 2020. Destinasi wisata tersebut antara lain Kepulauan Seribu, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Tama Margasatwa Ragunan. Selain keempat destinasi wisata utama tersebut, terdapat 11 museum dan taman budaya di Jakarta yang mulai beroperasi, yakni Museum Sejarah Jakarta, Museum Taman Prasasti, Museum MH Thamrin, Museum Joang 45, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Tekstil, Museum Bahari, Kawasan Perkampungan Budaya Betawi, Taman Benyamin Suaeb, dan Taman Ismail Marzuki. (*)

Baca Juga
Populer