Hai Investor! Samudera Indonesia Siap Tebar Dividen Rp8 Per Saham

Market News
Fahmi Abidin
2 hari yang lalu
Emiten PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) akan tebar dividen sebesar Rp 26,2 miliar.
Hai Investor! Samudera Indonesia Siap Tebar Dividen Rp8 Per Saham. (Foto: Ist)

IDXChannel - Emiten PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) akan tebar dividen sebesar Rp 26,2 miliar. Rencana tersebut sudah disetujui melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilaksanakan pada 30 Juni 2020.

"Pemegang saham setujui mengalokasikan sebagian laba SMDR di sepanjang tahun 2019, untuk dividen. Besaran dividen per sahamnya itu Rp8 per saham," ungkap perseroan.

Terkait kinerja sepanjang 2020, Perseroan optimis meraih peningkatan meski berada di tengah pandemi menyusul dicapainya laba bersih hingga bulan Mei sebesar USD4,9 juta, meningkat dua kali lipat dibandingkan kinerja pada periode yang sama di 2019.

Tercatat hingga Mei 2020, SMDR mencatatkan pendapatan USD211,7 juta, meningkat 19% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Peningkatan kinerja tersebut merupakan hasil dari penerapan strategi komposisi armada perseroan. Pada tahun 2019 yang lalu, SMDR melakukan penjualan beberapa unit kapal yang memiliki produktivitas rendah dan melakukan peremajaan armada kapal baru."

Sementara itu, Samudera Indonesia di 2020 terus melakukan proses peremajaan kapal meski di tengah pandemi. Tercatat 1 unit kapal sudah diterima dan dioperasikan di Kuartal I. sedangkan di Kuartal II, 2 unit kapal juga sudah berhasil diluncurkan di Jepang dan 1 kapal lagi direncanakan akan diluncurkan di Semester II. (*)

Baca Juga