IHSG Alami Penurunan Hampir Sepekan, Ini Tanggapan Sri Mulyani
Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 04 Oktober 2019 15:00 WIB
Melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sampai dibawah 6.000 selama hampir sepekan akhirnya membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani berikan tanggapan.
HSG Alami Penurunan Hampir Sepekan, Ini Tanggapan Sri Mulyani. (Foto: Ist)

IDXChannel - Melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sampai dibawah 6.000 selama hampir sepekan akhirnya membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan tanggapannya.

Sri Mulyani mengatakan bahwa pasar tidak perlu khawatir karena pemerintah akan berkomitmen untuk memperbaiki kebijakan fiskal, terutama kebijakan untuk menjaga perekonomian Indonesia dari tekanan yang bersifat dari global,regional, dan politik. .
"Kita fokus harapkan sampai akhir tahun instrumen yang ada di fiskal bisa jalankan APBN sampai akhir tahun dengan baik," katanya seperti dikutip iNews di Jakarta, Kamis (3/10).

Ditambahkan Sri Mulyani, jadi artinya stabilitas makro tetap terjaga, kondisi dan policy pemerintah tetap komit

Selain itu, ia juga menilai kebijakan yang tepat mampu menjaga Indonesia dari tekanan global saat ini. Seperti kasus Amerika Serikat (AS) yang berdampak ke seluruh perekonomian global terkait political environment.

"Jadi tentu akan memberikan pengaruh yang sangat besar pada seluruh dunia. Maka dari itu kita akan fokus pada memperbaiki daya tahan atau resilience dari ekonomi kita melalui policy-policy yang selama ini sudah kita sampaikan," tegasnya.

Saat ini tidak hanya IHSG Indonesia yang terpapar dampak dari AS, bursa saham di Asia juga mengalami kondisi sulit akibat AS mengumumkan tarif impor barang Uni Eropa. Sehingga Indeks Nikkei 225 Jepang turun 2,01% menjadi 21.341,74 , sedangkan indeks Topix merosot 1,72 % ke 1.568,87.

Tak sampai disitu, Australia juga mengalami penurunan Indeks S&P/ASX 200 sebesar 2,21% menjadi 6.493,00. (*)

Baca Juga