IHSG Bergerak Signifikan, Analis : Masih Terkait dengan Sentimen

Market News
Fahmi Abidin
1 hari yang lalu
Pergerakan pasar sedang terfokus ke saham-saham komoditas dalam berbagai sektor seperti properti, dan konstruksi untuk trading jangka panjang.
IHSG Bergerak Signifikan, Analis: Masih Terkait dengan Sentimen. (Foto : MNC Media)

IDXChannel - Para analis melihat posisi IHSG saat ini dinilai cukup signifikan dan mengalami pergerakan di level 6.300 hinggga 6.500. Diketahui, saat ini pergerakan pasar sedang terfokus ke saham-saham komoditas dalam berbagai sektor seperti properti, dan konstruksi untuk trading jangka panjang.

Dalam Program 2nd Session Closing IDX Channel, Kamis (14/1/2021), Technical Analis NH Korindo Sekuritas, Dimas Pratama, menyampaikan bahwa IHSG masih membutuhkan koreksi sehat dan konsolidasi dalam beberapa waktu kedepan. Secara pergerakan kemarin Selasa (13/1/2021) Indeks masih bergerak di level 6.350-6.450. Hari ini saham-saham komoditas indeksnya masih akan bergerak untuk trading jangka panjang.

"Kenaikan IHSG sudah cukup tinggi sudah beberapa kali lipat kenaikannya. Ada beberapa saham yang secara evaluasi cukup mahal. Kalau untuk trading masih boleh kita manfaatkan dari sisi technicalnya saja. Dari sektor perbankan syariah sudah cukup tinggi, investor perlu mencermati dan mengatur strategi," ujar Dimas.

Tercatat beberapa saham yang masuk UMA pada 8 Januari 2021 yakni Saham CITY, IRA, BRIS, MEGA pada 13 Januari 2021. Meskipun pihak regulator atau bursa tidak menyatakan bahwa UMA terjadi pelanggaran ini memang mekanisme bursa untuk memberikan waktu terutama untuk investor pertimbangkan hal-hal tersebut dari kenaikan yang terjadi.

"Saham-saham tersebut terkait dengan sentimen. Investor akan cenderung pada laporan keuangan. Kemungkinan akan terjadi konsolidasi beberapa ke depan. Melemah di sektor farmasi terjadi ARB bisa dibilang kenaikannya cukup tinggi. Ada beberapa saham yang potensi rebound tapi kita fokus ke sektor properti dan infrastruktur," pungkasnya. (FAHMI-Devi)

Baca Juga