Jokowi Minta Kalkulasi Dampak Virus Korona Terhadap Sektor Ekonomi

Market News
Fahmi Abidin
Rabu, 05 Februari 2020 11:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta untuk dikalkulasi secara cermat dampak dari kebijakan dalam menghadapi Virus Korona pada perekonomian.
Jokowi Minta Kalkulasi Dampak Virus Korona Terhadap Sektor Ekonomi. (Foto: Setkab)

IDXChannel - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta untuk dikalkulasi secara cermat dampak dari kebijakan dalam menghadapi Virus Korona pada perekonomian baik di sektor perdagangan, investasi dan pariwisata.

“Terkait dengan sektor perdagangan, kita tahu RRT merupakan negara tujuan ekspor pertama dengan pangsa pasar 16,6% dari total ekspor Indonesia sangat besar tapi juga sekaligus negara asal impor terbesar Indonesia,” kata Jokowi saat menyampaikan arahan pada Rapat Terbatas (ratas) mengenai Kesiapan Menghadapi Virus Corona, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (4/2).

Untuk itu, Jokowi minta betul-betul harus diantisipasi dampak dari virus corona dan perlambatan ekonomi di RRT terhadap produk ekspor Indonesia.

“Saya kira di sini ada peluang untuk memanfaatkan untuk pasar ekspor ke negara-negara lain yang sebelumnya juga hanya mengimpor produk yang sama dari RRT,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga melihat hal ini memberikan momentum bagi industri subtitusi impor di dalam negeri untuk meningkatkan produksi berbagai produk yang sebelumnya diimpor dari Tiongkok.

Terkait dengan sektor pariwisata, Presiden juga minta disiapkan langkah-langkah contingency terutama untuk Bali dan Sulawesi Utara, dua daerah yang selama ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari RRT.

“Dalam jangka pendek juga saya minta dimanfaatkan peluang untuk menyasar keruk pasar wisatawan mancanegara yang sedang mencari alternatif untuk destinasi wisata karena batal berkunjung ke RRT,” pungkas Jokowi. (*)

Baca Juga