Kembangkan Usaha Kimia Farma Berencana Rights Issue 1,57 Miliar Saham
Market News
Fahmi Abidin
Selasa, 13 Agustus 2019 10:45 WIB
Emiten PT Kimia Farma (Persero) Tbk mengumumkan rencana penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau rights issue.
Kembangkan Usaha Kimia Farma Berencana Rights Issue 1,57 Miliar Saham. (Foto: Ist)

IDXChannel – Emiten PT Kimia Farma (Persero) Tbk mengumumkan rencana penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau rights issue sebanyak-banyaknya 1,57 miliar saham.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia pada Senin (12/8), saham baru tersebut merupakan saham Seri B yang memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal termasuk hak dividen dengan saham yang telah disetor penuh lainnya.

Kimia Farma akan melaksanakan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 18 September 2019 untuk memukuskan pelaksanaan rights issue. Setelah mendapat izin pemegang saham, aksi korporasi tersebut direncanakan paling lambat 12 bulan setelah tanggal pelaksanaan RUPSLB.

Kimia Farma juga menjelaskan bahwa perseroan akan menggunakan dana hasil PMHMETD untuk modal kerja dan pengembangan usaha perseroan dan entitas anak.

“Perseroan akan memperoleh dana kas untuk modal kerja yang dapat digunakan untuk membiayai pengembangan kegiatan usaha dan kegiatan entitas perseroan dengan memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku.”

Perseroan mengumumkan bahwa bagi pemegang saham yang tidak menggunakan HMETD-nya akan terkena dilusi dengan jumlah maksimum 22,14% dari model ditempatkan dan disetor penuh. (*)

Baca Juga