Kinerja IHSG Positif, Bos OJK : Kita Jangan Terlena
Market News
Fahmi Abidin
Senin, 12 Agustus 2019 11:30 WIB
Berada di tengah tingginya ketidakpastian perekonomian global, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sejatinya masih mencatatkan kinerja positif.
Kinerja IHSG Positif, Bos OJK : Kita Jangan Terlena. (Foto: Ist)

IDXChannel – Dalam menyambut hut Pasar Modal Indonesia, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan di tengah tingginya ketidakpastian perekonomian global, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sejatinya masih mencatatkan kinerja positif.

Pernyataan Wimboh tersebut diperkuat saat melirik penutupan perdagangan pekan lalu yang ditutup menguat 1,41 persen ytd dan rata-rata yield SBN masih mengalami penurunan 69 bps.

"Kondisi ini tentunya ditopang oleh kondisi ekonomi makro kita yang masih solid. Pertumbuhan ekonomi dapat dijaga di atas lima persen, inflasi terjaga rendah (Juli 3,32 persen yoy) dan cadangan devisa kita juga terus tumbuh sejalan masuknya dana investor asing," kata Wimboh, di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia, di Jakarta, pada Senin (12/8).

Lanjut Wimboh, sampai dengan akhir minggu lalu terpantau net buy investor asing di pasar saham cukup besar mencapai Rp64,9 triliun ytd dan dipasar SBN sebesar Rp113,4 triliun ytd.

Selain itu, sampai dengan akhir minggu lalu, penghimpunan dana dari pasar modal cukup menggembirakan, mencapai Rp109,2 triliun dengan emiten baru tercatat sebanyak 29 perusahaan.

“Sedangkan total dana kelolaan investasi mencapai Rp802,4 triliun atau tumbuh 7,2 persen ytd. Namun, tantangan masih besar baik dari global maupun domestik. Kita jangan terlena karena kondisi perekonomian global,” tandas Wimboh jelang pembukaan perdagangan Senin (12/8). (*)

Baca Juga