Mari Elka Pangestu Ditunjuk Jadi Direktur Pelaksana World Bank

Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 10 Januari 2020 10:45 WIB
Setelah Sri Mulyani, Srikandi lain asal Indonesia yakni Mari Elka Pangestu ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan Bank Dunia.
Mari Elka Pangestu Ditunjuk Jadi Direktur Pelaksana World Bank. (Foto: Ist)

IDXChannel – Setelah Sri Mulyani, kini Srikandi lain asal Indonesia yakni Mari Elka Pangestu ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan Bank Dunia.

Penunjukan Mari Elka diumumkan langsung oleh Presiden Grup Bank Dunia David Malpass. Mengutip dari keterangan tertulis World Bank, Jakarta, Jumat (10/1/2020), Mari Elka adalah Senior Fellow di Columbia School of International and Public Affairs serta Profesor Ekonomi Internasional di Universitas Indonesia.

Rekam Jejak Mari Elka Pangestu

Melihat rekam jejaknya, Mari Elka juga merupakan Asisten Profesor di Lee Kuan Yew School of Public Policy dan Crawford School of Public Policy, Australian National University. Mari Elka juga merupakan Anggota Dewan Indonesia Bureau of Economic Research serta Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta.

Sosok Mari begitu dihormati sebagai pakar internasional dalam berbagai masalah global. Apalagi saat ini, Pangestu merupakan Ketua Dewan Pengawas International Food Policy Research Institute (IFPRI) di Washington D.C.

Selain itu, seperti dikutip dari Okezone, pada Jumat (10/1/2020), Pangestu juga aktif sebagai Penasihat Komisi Global untuk Geopolitik Transformasi Energi International Renewable Energy Agency (IRENA) di Abu Dhabi.

Catatan baktinya sebagai dewan dan gugus tugas meliputi Dewan Kepemimpinan Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Solutions Network, SDSN) PBB.

Ketua Bersama Kelompok Ahli untuk Panel Tingkat Tinggi untuk Ekonomi Kelautan Berkelanjutan, Panel Inisiatif Kesehatan WHO, dan Equal Access Initiative, Komisioner untuk Inisiatif Pembangunan Rendah Karbon Indonesia dan anggota Dewan Eksekutif dari Kamar Dagang Internasional (International Chamber of Commerce, ICC).

Mari Pangestu juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia dari 2004 hingga 2011. Selain itu, Pangestu juga pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014. (*)

Baca Juga