Menko Luhut Ingin Kawasan Food Estate Libatkan Koperasi BUMN Atau Swasta

Market News
Shifa Nurhaliza
6 hari yang lalu
Kawasan lumbung pangan (food estate) tengah dibangun di Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah. Pengelolaan proyek tersebut nantinya diserahkan kepada korporasi.
Menko Luhut Ingin Kawasan Food Estate Libatkan Koperasi BUMN Atau Swasta. (Foto: Ist)

IDXChannel - Kawasan lumbung pangan (food estate) tengah dibangun di Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah. Pengelolaan proyek tersebut nantinya diserahkan kepada korporasi. Meski demikian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengungkapkan perlu melibatkan peran koperasi BUMN atau Swasta untuk turut membangun dan mengembangkan.

"Dalam pengembang kawasan food estate ini petani dan pemerintah tidak bisa bekerja sendiri sehingga perlu melibatkan korporasi baik BUMN dan swasta melalui penerapan pola Public Private Partnership," kata Menko Luhut Pandjaitan, dikutip iNews, Kamis (19/11/2020).

Meski di tengah pandemi, lanjut Menko Luhut, ketahanan pangan menjadi isu sentral bagi banyak negara. Pandemi telah memberikan pelajaran bagi Indonesia agar tak terlalu tergantung dari negara lain, terutama pangan.

"Jangan lupa pandemi Covid-19 telah memberikan pengalaman baru bagi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih mandiri. Saya kira tren ini bukan hanya di Indonesia melainkan juga menjadi kecenderungan seluruh negara untuk memprioritaskan kebutuhan dalam negerinya terlebih dahulu," ujar Luhut.

Menurutnya, food estate menjadi program besar dari pemerintah di bidang pangan. Pengembangan kawasan itu akan diintegrasikan dengan upaya pemberdayaan petani lewat digitalisasi penjualan.

Dengan demikian petani bisa menjual produk langsung ke konsumen. Saat ini, pemerintah tengah menyiapkan e-commerce khusus UMKM, sehingga rantai pasok komoditas pangan bisa berkurang. (*)

Baca Juga