Menteri BUMN Erick Sebut PLN dan Hutama Karya Serap PMN Paling Banyak
Market News
Fahmi Abidin
6 hari yang lalu
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyatakan bahwa total dari Penyertaan Modal Negara yang masuk ke BUMN selama 2015-2019 sebesar Rp105,5 triliun.
Menteri BUMN Erick Sebut PLN dan Hutama Karya Serap PMN Paling Banyak. (Foto: Ist)

IDXChannel - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan bahwa total dari Penyertaan Modal Negara (PMN) yang masuk ke BUMN selama 2015-2019 sebesar Rp105,5 triliun. Tercatat 50% dana tersebut banyak terserap di PLN dan Hutama Karya.

Menteri BUMN Erick pada rapat kerja (raker) perdana dengan Komisi VI DPR RI pada Senin (2/12/2019) menyertakan bahasan tentang Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk BUMN periode 2019 dan 2020. “PLN 33%. Sedangkan Hutama Karya 15%,” kata Erick di Gedung DPR RI Jakarta.

Menurut Menteri Erick, penggunaan dana pada PLN merupakan penugasan pemerintah untuk pemerataan listrik. Sedangkan untuk Hutama Karya untuk Tol Trans Sumatera. Pada 2019 ini PLN butuh PMN Rp6,5 triliun.

“Sudah terlaksana Rp2,5 triliun untuk pelayanan listrik masuk desa. Hutama Karya Rp10,5 triliun untuk pembangunan 7 ruas tol Sumatera," ungkap Menteri Erick kepada anggota DPR Komisi VI.

Dijelaskan Erick bahwa PNM untuk proyek Mekaar sudah 5,7 juta nasabah. Sementara itu, bisa digunakan arahan pemerintah KUR ditingkatkan menjadi 50 juta.

"Tak overlapping sama perbankan. Kemudian untuk PT Pengembangan Armada Niaga Nasional (PANN) (Persero) konversi utang. Road map ke depan PT PANN enggak bisa seperti hari ini. Lalu soal PT Bahana, sama untuk isu lama konversi utang saja," ungkap dia. (*)

Baca Juga