Pengusaha Kurang Minat, Airlangga Sebut Kredit Modal Kerja di Perbankan Sepi

Market News
Fahmi Abidin
Rabu, 12 Agustus 2020 14:15 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meminta kalangan untuk aktif berkomunikasi dengan sektor perbankan untuk dapat mengakses kredit modal kerja,.
Pengusaha Kurang Minat, Airlangga Sebut Kredit Modal Kerja di Perbankan Sepi. (Foto: Ist)

IDXChannel – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meminta kalangan untuk aktif berkomunikasi dengan sektor perbankan untuk dapat mengakses kredit modal kerja yang dijamin Pemerintah. Ia pun menyebut bahwa saat ini baru sekitar 15-20 persen pengusaha yang mulai kembali ajukan kredit.

Pemerintah mencatat realisasi insentif fiskal dalam mendorong kredit modal kerja korporasi tercatat masih nol persen hingga awal Agustus ini. Dalam pembukaan rapat kerja Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Rabu (12/8/2020), seperti dikutip Video Journalist (VJ) IDX Channel Raharjo Padmo, Airlangga menjelaskan bahwa pihaknya telah banyak menyiapkan stimulus bagi dunia usaha untuk memperbaiki kondisi ekonomi.

Namun, tambah Airlangga, dalam realisasinya masih minim antusiasme dari kalangan pengusaha. Bahkan laporan perbankan menyebutkan baru sekitar 15-20 persen pengusaha yang membuka kembali komunikasi untuk mendapatkan kredit modal kerja baru saat ini.

Sebelumnya, Pemerintah memberikan penjaminan kredit modal kerja bagi korporasi melalui 15 Bank umum dengan target realisasi kredit molda kerja mencapai Rp100 triliun hingga 2021, Airlangga pun berharap sektor usaha mulai bangkit di kuartal III-2020 dan Indonesia bisa terhindar dari resesi ekonomi. (*)

Baca Juga