Pizza Hut Indonesia Klaim Keuangan Baik dan Tak Terlilit Utang

Market News
Shifa Nurhaliza
Jumat, 03 Juli 2020 15:15 WIB
Manajemen Pizza Hut Indonesia menanggapi pernyataan bahwa nasib Pizza Hut Indonesia tak sama dengan Pizza Hut di Amerika yang dikelola NPC International Inc.
Pizza Hut Indonesia Klaim Keuangan Baik dan Tak Terlilit Utang. (Foto: Ist)

IDXChannel - Manajemen Pizza Hut Indonesia menanggapi pernyataan bahwa nasib Pizza Hut Indonesia tak sama dengan Pizza Hut di Amerika yang dikelola NPC International Inc. Pasalnya, keuangan perusahaan dalam kondisi sehat dan tidak terlilit utang seperti yang dialami NPC.

“Pizza Hut Indonesia menjalankan kegiatan usaha dengan kondisi keuangan yang sehat,” tulis manajemen Pizza Hut Indonesia dalam pernyataan resminya, Jumat (3/7/2020).

Manajemen Pizza Hut Indonesia memastikan operasional restoran di Indonesia masih berjalan. Pizza Hut Indonesia menegaskan tidak memiliki memiliki hubungan afiliasi atau hubungan lain apapun dengan NPC International Inc.

“Pizza Hut Indonesia merupakan badan hukum yang terpisah termasuk pemisahan atas kegiatan usaha, operasiona, komersial dan finansial antara Pizza Hut Indonesia dengan NPC,” kata manajemen Pizza Hut Indonesia.

Sekadar infromasi, NPC dan Pizza Hut Amerika telah berjuang dengan meningkatkan biaya tenaga kerja dan makanan sambil mencoba memperluas bisnis. Namun perusahaan Overland Park, yang berbasis di Kansas juga menghadapi persaingan ketat dari para pesaing seperti Domino's Pizza Inc. dan Papa John's International Inc.

NPC memiliki utang USD903 juta dan telah melakukan pra-negosiasi perjanjian restrukturisasi dengan sekitar 90% dari pemberi pinjaman klien pertama (kreditur pertama) dan 17% dari pemberi pinjaman kedua.

Akan tetapi, pengajuan Bab 11 tidak berarti Pizza Hut dan Wendy’s gulung tikar. NPC dapat terus beroperasi saat sedang menyusun rencana untuk membayar tagihan dan membalikkan bisnis. Kebangkrutan juga tidak memengaruhi ribuan gerai Pizza Hut dan Wendy’s lainnya yang dimiliki oleh pemegang waralaba lain. (*)

Baca Juga