Relokasi Usaha dari China, Indonesia Saingi Vietnam

Market News
Shifa Nurhaliza
Senin, 08 Juni 2020 07:30 WIB
Ditengah pandemi Covid-19, sejumlah perusahaan Indonesia akan merelokasi usahanya dari China ke sejumlah negara.
Relokasi Usaha dari China, Indonesia Saingi Vietnam. (Foto: Ist)

IDXChannel - Melihat kondisi perekonomian saat ini hingga terjadinya perang negara antar negara, membuat sejumlah perusahaan Indonesia akan merelokasi usahanya dari China ke sejumlah negara.

Melihat kesempatan ini, Indonesia sangat berpotensi untuk merelokasi sejumlah usaha dari negeri tirai bambu ini. Dan ini akan menjadi kesempatan emas bagi Indonesia.

Dikatakan Ekonom Australian National University dan Anggota Dewan Pengawas Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Arianto Patunru, relokasi kegiatan usaha seperti ini sebenarnya berita baik bagi negara seperti Indonesia.

"Namun, kita bersaing dengan negara-negara seperti Vietnam,” jelas Arianto, seperti dilansir iNews, Sabtu (6/6/2020).

Ditambahkan Arianto, Indonesia ini perlu melanjutkan reformasinya di bidang industri, perdagangan, serta investasi.

Seperti halnya, dimana Indonesia perlu menunjukkan keterbukaannya terhadap investasi asing kepada internasional. Salah satunya yakni lewat penyederhanaan regulasi dan pelonggaran berbagai hambatan.

Meski dapat dikatakan perang dagang sudah mereda, perekonomian global saat ini masih diwarnai ketakutan juga kekhawatiran antara Amerika Serikat dan China

“Kita melihat adanya ‘de-China-isasi’ di mana, banyak perusahaan multinasional memindahkan sentra usaha mereka dari China ke negara lain. Bahkan Jepang juga memberikan insentif bagi perusahaan-perusahaannya untuk merelokasi,” tambahnya. (*)

Baca Juga