Semen Indonesia Genjot Penjualan di Pasar Regional, Ini Penyebabnya
Market News
Fahmi Abidin
5 hari yang lalu
Semen Indonesia (SMGR) saat ini tengah fokus menggenjot penjualan semen di pasar regional. Langkah tersebut dilakukan meski gairah di pasar domestik sedang lesu
Semen Indonesia Genjot Penjualan di Pasar Regional, Ini Penyebabnya. (Foto: Ist)

IDXChannel – Emiten PT Semen Indonesia (Persero) Tbk tengah fokus menggenjot penjualan semen di pasar regional. Langkah tersebut dilakukan meski gairah di pasar domestik sedang lesu dengan tingkat persaingan ketat.

Menurut data Asosiasi Semen Indonesia (ASI), konsumsi semen dalam negeri hingga Oktober turun 1,5%. Sementara itu, penjualan semen domestik juga turun dari 57 juta ton menjadi 56,1 juta ton.

Ditengok lebih dalam lagi, tercatat volume penjualan domestik Semen Indonesia juga turun 4,1% menjadi 21,54 juta ton. Padahal, pada periode yang sama di 2018, penjualan emiten dengan kode SMGR itu bisa mencapai 22,46 juta ton.

Dikatakan Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia Sigit Wahono, sepanjang Januari-Oktober 2019 perseroan telah mengekspor 3,38 juta ton semen.

Diungkapkan Sigit, semen tersebut banyak diekspor ke pasar Asia Selatan dan Asia Tenggara seperti India, Sri Lanka, Bangladesh, Maladewa, Filipina, hingga Timor Leste.

“Pada 2019 ini, perseroan berhasil memperluas jaringan ekspor di kawasan Asia Timur, salah satunya China yang sedang mengalami kekurangan produksi semen," kata  Sigit, pada Senin (2/12/2019).

Semen Indonesia saat ini sedang mengintegrasikan seluruh fasilitas produksi dan distribusi pasca akuisisi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI). Tercatat hingga Oktober 2019, penjualan SBI mencapai 8,47 juta ton, atau turun 2,2% dibandingkan periode sama tahun lalu. (*)

Baca Juga