Sudah Cek Rekening Anda? Bansos Karyawan Tahap III Cair Pekan Ini

Market News
Shifa Nurhaliza
Kamis, 10 September 2020 10:30 WIB
Menaker Ida Fauziyah menyampaikan bahwa bantuan sosial (bansos) karyawan untuk gelombang ketiga akan cair pada pekan ini.
Sudah Cek Rekening Anda? Bansos Karyawan Tahap III Cair Pekan Ini. (Foto: Ist)

IDXChannel – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan bahwa bantuan sosial (bansos) karyawan untuk gelombang ketiga akan cair pada pekan ini. Pada gelombang sebelumnya, bantuan subsidi upah (BSU) untuk karyawan bergaji di bawah Rp5 juta diberikan kepada 5,5 juta penerima masing-masing 2,5 juta pada gelombang pertama dan 3 juta pada gelombang kedua.

“Mereka yang berhak mendapatkan subsidi gaji yaitu yang belum pernah mendapatkannya pada saat gelombang sebelumnya. Proses validasi data calon penerima terus dilakukan bersama BP Jamsostek. Kemnaker sejauh ini telah menerima 3,5 juta data rekening calon penerima BSU,” jelasnya, Rabu (9/9/2020).

Ditambahkan Ida, pihaknya memiliki waktu empat hari untuk melakukan check list, sehingga jika dihitung empat hari berarti maksimal Jumat, akan melakukan check list dan langsung diserahkan ke KPPN dan dari KPPN langsung di transfer ke bank Himbara.

Untuk Bank Himbara, lanjut Ida, proses bisa dilakukan dalam sehari. Sementara untuk bank swasta non Himbara, pencairan BSU ke tangan penerima memakan waktu maksimal lima hari.

“Setelah data diserahkan KPPN, maka dana langsung ditransfer ke bank yang kemudian dikirim ke rekening penerima sebesar Rp1,2 juta,” imbuhnya,

Sekadar informasi, Menaker Ida mengatakan jika tahap ini sukses, maka bansos karyawan sudah menjangkau 9 juta orang. Pemerintah menargetkan program ini diikuti 15,7 juta orang yang keseluruhannya bisa tuntas pada akhir September 2020. (*)

Baca Juga