Tokopedia Targetkan Total Transaksi Rp222 Triliun Tahun Ini
Market News
Fahmi Abidin
Jumat, 11 Oktober 2019 13:30 WIB
Co-Founder & CEO Tokopedia William Tanuwijaya, akui menargetkan gross merchandise volume (GMV) hingga USD15,9 miliar atau tiga kali lipat dibanding tahun lalu.
Tokopedia Targetkan Total Transaksi Rp222 Triliun Tahun Ini. (Foto: Ist)

IDXChannel – Co-Founder & CEO Tokopedia William Tanuwijaya, mengaku menargetkan gross merchandise volume (GMV) hingga USD15,9 miliar atau tiga kali lipat dibanding tahun lalu. Angka tersebut setara dengan 1,5% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di 2018 yang mencapai Rp14.837 triliun.

“Indonesia saat ini adalah one trilion economy, jadi bayangkan, tahun ini diproyeksikan transaksi Tokopedia hingga akhir tahun jika tidak ada halangan bisa mencapai Rp222 triliun. Jika target tercapai, maka Tokopedia berkontribusi 1,5 persen dari PDB Indonesia,” jelasnya, dikutip dari iNews.id (11/10).

William juga mengungkapkan bahwa sejak Mei 2019, nilai GMV Tokopedia terus meningkat. Untuk saat ini GMV yang dicapai sebesar USD1 miliar (Rp14 triliun) per bulannya.

“Dengan platform seperti Tokopedia, tidak menjual barang sama sekali, dampak ekonomi ini terjadi berkat jutaan orang yang memulai usahanya dengan semangat entrepreneur yang baru,” ungkap William.

Sementara itu, Wakil Direktur Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI Kiki Verico mengatakan, berdasarkan hasil studi lembaganya, Tokopedia akan memberikan dampak ekonomi hingga Rp170 triliun. Angka tersebut meningkat dari tahun lalu yang sebesar Rp58 triliun.

“Kontribusi ekonomi langsung dari Tokopedia ini tidak hanya terjadi di pulau Jawa, namun juga turut berkontribusi dalam menggerakan perekonomian daerah,” pungkasnya. (*)

Baca Juga