Covid 19 Selesai, Kopi Kenangan Siap Go Internasional

The Founder
Shifa Nurhaliza
Sabtu, 09 Mei 2020 12:30 WIB
Sebelum masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia, Kopi Kenangan berhasil menutup akhir tahun 2019 dengan membuka 220 outlet baru di seluruh Indonesia.
Covid 19 Selesai, Kopi Kenangan Siap Go Internasional. (Foto: Ist)

IDXChannel - Sebelum masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia, Kopi Kenangan berhasil menutup akhir tahun 2019 dengan membuka 220 outlet baru di seluruh Indonesia.

Pada Desember 2019, Kopi Kenangan juga berhasil membuka 40 cabang outletnya dan mampu menjual sebanyak 2,5 juta cup kopi per bulannya.

Sekadar informasi, saat ini Kopi Kenangan tengah menyiapkan rencana ekspansi bisnis hingga ke seluruh negara di Asia Tenggara, namun rencana tersebut harus ditunda sementara waktu akibat pandemi covid-19.

“Awalnya kita ingin Go International akhir tahun ini. Tapi karena ada Covid-19, hopefully mungkin pada Q3 atau Q4 di tahun depan rencana ini terealisasikan. Dan incaran awal kami pastinya Asia Tenggara,” jelas James Prananto COO Kopi Kenangan kepada IDX Channel, pada Jumat (8/6/2020).

Melihat perkembangan bisnisnya, James mengungkapkan, belum ada rencana untuk melakukan Initial Public Offering (IPO) di lantai bursa dalam waktu dekat.

“Belum tahu, mungkin dua atau tiga tahun kedepan jelasnya kita akan melantai di Bursa,” katanya.

Sementara itu, salah satu strategi direksi Kopi Kenangan hadapi dampak dari cobid-19 ini adalah dengan hanya menerima gaji Rp1 per bulannya sejak April 2020 hingga masa pandemi ini berakhir. Ditambahkan James menjelaskan, sisa gajinya tersebut akan digunakan untuk mendukung karyawan yang terdampak.

“Dana sebesar Rp15 miliar kami kucurkan untuk operasional kedai. Sebanyak Rp13 miliar dibelanjakan untuk mesin sterilisasi cairan pembersih tangan, termometer, sarung tangan dan masker non-medis untuk melindungi kesehatan barista maupun konsumen. Dan sisa Rp2 miliar dialokasikan kepada seluruh mitra Kopi Kenangan,” tandasnya. (*)

Baca Juga