Resmi Dilantik Jadi Menko Perekonomian, Ini Profil Airlangga Hartarto

The Founder
Fahmi Abidin
Rabu, 23 Oktober 2019 13:00 WIB
Menggantikan Darmin Nasution, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto resmi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (23/10).
Resmi Dilantik Jadi Menko Perekonomian, Ini Profil Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

IDXChannel – Menggantikan Darmin Nasution, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto resmi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (23/10), sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekenomian.

Sebelumnya pada kabinet sebelumnya, Airlangga menjadi Menteri Perindustrian (Menperin) setelah reshuffle p[ada Juli 2016 menggantikan Saleh husin. Hal tersebut sekaligus mengikuti jejak ayahnya yaitu Hartarto Sastrosoenarto yang pernah menduduki posisi sama sebagai Menperin pada 1983-1993 era pemerintahan Presiden Soeharto hingga Presiden B.J Habibie.

Airlangga Hartarto lahir di Surabaya pada 1 Oktober 1962 dari pasangan Hartarto Sastrosoenarto (ayah) dan R.Hartini Soekardi (ibu). Setelah menjalani SMA, dirinya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Semasa kuliahnya ini dirinya juga bergabung dan menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Teknik.

Dalam dunia politik, Airlangga pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada 2004 dan menjadi Ketua Komisi VI DPR RI pada 2009-2014. Airlangga menjabat sebagai Menteri Perindustrian sekaligus sebagai Ketua Umum Partai Golkar tahun 2017 menggantikan Setya Novanto karena terjerat kasus korupsi.

Dilansir dari berbagai sumber, sebelum kariernya di dunia politik dirinya merupakan seorang pengusaha. Beberapa diantaranya dirinya menjadi pemilik PT Graha Curah Niaga. Selain itu juga dirinya menjadi Presiden Direktur di PT Jakarta Prime Crane (1991) dan PT Bisma Narendra (1994). Dirinya juga menjadi Presiden Komisaris dan Komisaris di PT Fajar Surya Wisesa Tbk (1989), PT Ciptadana Sekuritas (1994), dan PT Sorini Corporation Tbk (2004). (*)

Baca Juga