Resmi Jadi Wamen Keuangan, Ini Profil Suahasil

The Founder
Fahmi Abidin
Jumat, 25 Oktober 2019 14:30 WIB
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suahasil Nazara akan dampingi Menkeu Sri Mulyani sebagai Wakil Menteri.
Resmi Jadi Wamen Keuangan, Ini Profil Suahasil. (Foto: iNews/MNC Group)

IDXChannel –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik sejumlah wakil menteri di Istana Kepresidenan. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suahasil Nazara akan dampingi Menkeu Sri Mulyani sebagai Wakil Menteri.

Sejatinya penugasan Suahasil ditujukan untuk membantu Sri Mulyani memperbaiki berbagai macam kebijakan yang mendukung percepatan investasi sehingga dapat mendukung sektor perekonomian.

“(Saya) untuk membantu memperbaiki berbagai macam dukungan policy terhadap upaya mempercepat investasi, meningkatkan serapan tenaga kerja, pertumbuhan ekonomi," kata Suahasil.

Suahasil lahir di Jakarta pada 23 November 1970. Ia merupakan Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia. Lalu melanjutkan pendidikannya di Cornell University USA dengan gelar Master of Science (MSc.). Pada 2003, ia meraih gelar Doctor of Philosophy (PhD.) dari University of Illinois at Urbana-Champaign USA.

Perjalanan karier Suahasil Nazara dimulai sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) sejak 1999. Kemudian pada 2009, ia mendapatkan gelar Guru Besar (Profesor) di bidang Ilmu Ekonomi.

 

Suahasil pernah menjadi Kepala Program Studi Pascasarjana Ilmu Ekonomi (2004-2005) di FEB-UI, lalu Kepala Lembaga Demografi (2005-2008), dan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi (2009-2013).

 

Selain menjadi pengajar, Suahasil pernah menjadi anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan bidang Desentralisasi Fiskal (2009-2011). Ia juga aktif dalam Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sebagai pengurus, dan juga pernah memegang jabatan Wakil Ketua Komite Pengawas Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) pada periode 2009-2015.

 

Selain itu, Suahasil juga pernah menjadi Koordinator Pokja Kebijakan di Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pada Kantor Wakil Presiden RI (2010-2015), serta menjadi Anggota Dewan Komite Ekonomi Nasional (KEN) pada 2013-2014.

 

Pada 6 Februari 2015, Suahasil menjadi Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal, dan pada 31 Oktober 2016 ia dilantik oleh Menteri Keuangan sebagai pejabat definitif Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan. (*)

Baca Juga