Bingung Pilih Investasi saat Muda? Yuk, Kenali Reksa Dana
Yuk Nabung Saham
Fahmi Abidin
Selasa, 02 Juli 2019 13:30 WIB
Pada saat ini sudah terdapat berbagai macam instrumen investasi. Ada investasi Reksa Dana, Saham, P2P lending, logam mulia, obligasi hingga deposito.
Bingung Pilih Investasi saat Muda? Yuk, Kenali Reksa Dana. (Foto: Ist)

IDXChannel – Zaman sekarang jika ingin berinvestasi sangat mudah, selain mendapatkan keuntungan yang menarik, berinvestasi sejak dini bisa untuk masa depan.

Tapi jangan khawatir terhadap jenis investasi, pada saat ini sudah terdapat berbagai macam instrumen investasi. Ada investasi Reksa Dana, Saham, P2P (Peer to Peer) lending, logam mulia, obligasi, deposito, dan sebagainya.

Tapi investasi kali ini yang akan di bahas adalah investasi Reksa Dana. Banyak sekali mahasiswa yang memilih untuk berinvestasi di Reksa Dana. Namun sebelum mulai investasi kenali dulu apa saja jenis dari Reksa Dana!

 

REKSA DANA SAHAM

Reksa dana yang minimal 80% pada instrument saham. Reksa dana ini cocok untuk investasi jangka panjang dengan waktu 5 tahun atau lebih.

REKSA DANA PENDAPATAN TETAP / OBLIGASI

Reksa dana yang menempatkan minimal 0% pada instrument obligasi. Reksa dana ini cocok untuk investasi jangka pendek dengan waktu antara 1 – 3 tahun.

REKSA DANA CAMPURAN

Reksa dana yang menempatkan maksimal 79% pada instrument saham, obligasi dan deposito. Reksa dana ini cocok untuk investasi jangka menengah antara 3 – 5 tahun.

REKSA DANA PASAR UANG

Reksa dana yang menempatkan 100% pada instrumen jangka pendek seperti obligasi dan deposito perbankan. Reksa dana ini cocok untuk investasi jangka sangat pendek dengan waktu kurang dari 1 tahun.

Bagi mahasiswa yang masih dalam tahap belajar berinvestasi, sebaiknya memilih jenis reksa dana pasar uang terlebih dahulu. Karena reksa dana ini memliki fluktuasi pasar yang sangat rendah.

Saat ini membeli reksa dana juga bisa dilakukan secara online seperti halnya membeli tiket pesawat di aplikasi ecommerce favorit Anda. Jadi, kita mudah untuk bertransaksi kapan saja dan di mana saja, termasuk menggunakan telepon seluler. Kita tidak perlu lagi mengalami kemacetan dan mendatangi bank maupun kantor perusahaan manajemen investasi yang jaraknya jauh. (*)

Baca Juga