INSPIRATOR

Kisah Sukses Bos Samsung, Dulu Hanya Jual Sayuran dan Buah

Nadya Kurnia 24/11/2022 16:03 WIB

Sebelum menjadi produsen barang elektronik, Samsung merupakan perusahaan ekspor sayur mayur.

Kisah Sukses Bos Samsung, Dulu Hanya Jual Sayuran dan Buah. (Foto: MNC Media)

IDXChannel — Lee Byung Chul adalah pengusaha sukses pendiri Samsung. Tahukah Anda bahwa perusahaan teknologi terbesar asal Korea Selatan itu dulunya menjual sayuran, buah, dan ikan kering?

Perusahaan ini didirikan pada 1938, dan awalnya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ekspor sayur mayur. Mereka menjualnya ke China di tengah penjajahan kekaisaran Jepang. Awal mula beroperasi, hanya ada empat orang karyawan bekerja untuk mereka.

Lee mendirikan Samsung awalnya hanya bermodalkan KRW30.000. Nama Samsung sendiri juga memiliki arti ‘bintang tiga’. Sesuai namanya, dia menginginkan perusahaan rintisan ini bisa menjadi  perusahaan besar dan bersinar seperti bintang di angkasa.

Lee banyak belajar tentang pasar dan cara memanfaatkan peluang bisnis saat masa Perang Dunia II. Dia terus memperhatikan tentang bagaimana para konglomerat Jepang, yang kerap disebut sebagai zaibatsu, menjalankan dan mengorganisasi perusahaan mereka di Korea.

Tanpa waktu lama Samsung berkembang dan memiliki pabrik tepung, mesin manisan, kegiatan operasi manufaktur dan penjualannya sendiri.

Pada 1948, Lee memindahkan kantor pusat bisnisnya ke Seoul dan membuka Samsung Trading Corporation. Setelah dua tahun kemudian, ia mendirikan perusahaan dagang di Masan, Taegu, dan Seoul.

Walau sempat mengalami kebangkrutan, hal ini tidak dia ratapi terlalu lama, justru Samsung terus berkembang semakin pesat, dan berhasil mengembangkan bisnisnya ke sektor perbankan, pupuk, dan semen pada akhir 1950.

Perusahaan ini sempat tersandung kasus bahan baku ilegal yang menjerat Hankuk Fertilizer yang didirikan Samsung pada 1963. Kemudian pada 1967, Lee mengundurkan diri sebagai chairman. Walau ternyata dua tahun kemudain ia kembali dan mendirikan Samsung Electronics.

Lee meninggal pada 1987. Sebagai ketua perusahaan Samsung Lee Khun Hee Mengambil alih perusahaan Samsung. Dalam masa kepemimpinanya ia melakukan ekspansi Samsung diper;uas ke seluruh Dunia. Perjalanan Samsung menjadi produsen samrtphone terbesar di dunia cukup lama.

Awal kesuksesannya dimulai pada 27 Juli 2009 dan terus melakukan inovasi mengikuti perkembangan zaman. Hingga saat ini Samsung terkenal dengan produsen smartphone nomor satu di dunia. (NKK)

Penulis: Mila Pertiwi

SHARE