Technology

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot untuk Performa Lebih Baik 

Aiq Haidar 24/11/2022 12:07 WIB

Informasi mengenai cara mengatasi Laptop lemot bisa Anda peroleh pada ulasan berikut ini. Perlu diketahui ada banyak cara untuk mengatasi laptop yang lemot.

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot untuk Performa Lebih Baik (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Informasi mengenai cara mengatasi Laptop lemot bisa Anda peroleh pada ulasan berikut ini. Salah satu cara untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan menghapus program yang tidak terpakai.

Tak hanya itu, bisa saja faktor yang menyebabkan laptop Anda bisa menjadi lemot yakni karena jarang membersihkan bagian dalam laptop tersebut. Oleh sebab itu mesin tidak terawat dan mengakibatkan performa laptop menurun.

Berikut ini ada beberapa informasi mengenai cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda pakai. Tim IDXChannel telah menghimpun informasinya dari berbagai sumber. Simak ulasan ini sampai selesai!

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Membersihkan Laptop Secara Rutin

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat laptop lemot yakni dengan membersihkan laptop tersebut secara rutin dan berkala. Pastikan bagian dalam laptop juga Anda bersihkan agar tidak ada debu yang mengendap dan menghambat aliran udara.

2. Copot Aplikasi yang Tidak Penting

Cara berikutnya yaitu dengan mencopot beberapa aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Salah satu faktornya dikarenakan banyaknya aplikasi yang dapat membuat kapasitas penyimpanan menjadi penuh. Hal tersebut mampu menghambat kinerja laptop.

3. Gunakan Aplikasi Sesuai Kapasitas

Spesifikasi dari laptop memang berbeda-beda, maka dari itu pastikan Anda menggunakan aplikasi sesuai dengan kapasitas atau spesifikasi dari laptop yang Anda miliki. Jangan memaksakan laptop Anda untuk bekerja melebihi kapasitas yang dimiliki.

4. Membersihkan Cache

Langkah berikutnya Anda dapat membersihkan cache secara rutin dan berkala. Hal tersebut dapat memperlancar kinerja laptop saat digunakan. Pasalnya, cache atau temporary files mampu menghambat performa laptop.

5. Menambahkan Kapasitas RAM

Cara mengatasi laptop yang lemot selanjutnya yakni dengan menambahkan kapasitas RAM pada laptop Anda. Cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan performa mesin yang ada didalam laptop Anda. Sesuaikan dengan batas maksimal penggunaan RAM pada laptop Anda.

Itulah berbagai cara mengatasi laptop lemot dengan mudah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda serta menambah wawasan keilmuan Anda.

SHARE