Bursa Australia Anjlok Dipicu Ancaman Tarif Baru Trump
Market News
Fahmi Abidin
5 hari yang lalu
Bursa Australia alami penurunan terbesar intraday dalam dua bulan terakhir pada perdagangan Selasa (3/12/2019) dipicu oleh ucapan Trump soal Tarif impor baja.
Bursa Australia Anjlok Dipicu Ancaman Tarif Baru Trump. (Foto: Ist)

IDXChannel - Bursa Australia alami penurunan terbesar intraday dalam dua bulan terakhir pada perdagangan Selasa (3/12/2019), Hal tersebut dipicu selera investor yang terganggu oleh ucapan Presiden Trump yang mengatakan akan merubah tarif impor baja dari Brazil dan Argentina.

Langkah yang dilakukan Trump tersebut menjadi tanda terakhir terkait ketegangan perdagangan antara AS dan mitra dagangnya yang terus memengaruhi pasar dan memicu kekhawatiran global.

Tercatat pada Indeks S&P/ASX 200 turun 2% pada perdagangan Selasa (3/12/2019), padahal indeks justru menguat 0,2 persen sehari sebelumnya.

Melirik dari sentimennya, Presiden Trump menargetkan dua negara amerika latin terbesar yakni Brazil dan Argentuna untuk dikenakan tarif impor baja dan aluminium dimana hal ini sebagai balasan atas pelemahan mata uang yang memukul kondisi petani di Amerika Serikat.

Tercatat di seluruh sektor pada bursa Australia melemah, dengan kondisi saham teknologi dan konsumer memimpin penurunan.

Sementra itu, indeks keuangan turun tajam ketika saham empat bank besar Australia melemah antara 1,2 hingga 1,7%. (*)

Baca Juga