Demontrasi Masih Berlanjut, Ini Potensi Dana Keluar dari Hong Kong
Market News
Fahmi Abidin
Kamis, 03 Oktober 2019 11:15 WIB
Disebutkan Goldman Sachs, potensi dana keluar dan keuntungan bagi Singapura dari kekacauan yang terjadi di Hong Kong mencapai $4 miliar.
Demontrasi Masih Berlanjut, Ini Potensi Dana Keluar dari Hong Kong

IDXChannel – Aksi unjuk rasa berbuntut kerusuhan yang telah berlangsung lebih dari 3 bulan terakhir di Hong Kong berdampak kepada perekonomian wilayah tersebut. Disebutkan Goldman Sachs, potensi dana keluar dan keuntungan bagi Singapura dari kekacauan yang terjadi di Hong Kong mencapai $4 miliar.

Jumlah tersebut merupakan batas atas dari perkiraan Goldman Sachs dimana investor memindahkan uangnya ke Singapura ditengah aksi unjuk rasa yang tak kunjung selesai akibat Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekstradisi di bekas koloni Inggris tersebut.

Sementara itu, Goldman Sachs juga memperkirakan dana yang keluar dari Hong Kong mencapai USD3 miliar hingga $4 miliar pada Agustus 2019 ke Singapura sebagai alternatif pusat keuangan di kawasan Asia.

Dikatakan analis Goldman Sachs Gurpreet Singh Sahi dan Yingqiang Guo, mereka menemukan aliran dana keluar dari deposito dalam Dolar Hong Kong dan masuk ke dalam bentuk valas ke Singapura.

“Kami yakin soal keluarnya aliran dana dari Hong Kong masih aktif dan data untuk September akan terjadi hal yang sama,” pungkasnya. (*)

Baca Juga