Fokus Urusi PLN, Zulkifli Zaini Undur Diri Jadi Komisaris Independen Bank Permata

Market News
Fahmi Abidin
Senin, 20 Januari 2020 14:45 WIB
Fokus menjadi Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengundurkan diri dari posisinya sebagai Komisaris Independen Bank Permata Tbk (BNLI).
Fokus Urusi PLN, Zulkifli Zaini Undur Diri Jadi Komisaris Independen Bank Permata. (Foto: Ist)

IDXChannel – Fokus menjadi Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengundurkan diri dari posisinya sebagai Komisaris Independen Bank Permata Tbk (BNLI) setelah menyampaikan surat pengunduran diri per 17 Januari 2020.

Berdasarkan keterangan perseroan pada Senin (20/1/2020), disebutkan bahwa0 selanjutnya demi memenuhi ketentuan pasal 8 ayat 3 POJK 33/2014 keputusan atas permohonan pengunduran drii Zulkifli Zaini akan dilaksanakan dalam Rapat Umum Pemegang Saham terdekat.

Menengok dari sejarahnya, Zulkifli Zaini diangkat sebagai komisaris Independen Permata Bank sesuai hasil RUPSLB pada 26 September 2017.

Zulkifli Zaini merupakan sarjana di bidang teknik sipil dari Institut Teknolog Bandung pada 1980 dan memperoleh gelar Master of Business Administration dari Washington University, Amerika Serikat pada tahun 1994.

Kini, Zulkifli Zaini resmi menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero) menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) yaitu Sripeni Inten Cahyani, berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN pada Senin (23/12/2019).

Pria yang lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 13 Januari 1956 tersebut mengawali kariernya di dunia perbankan pada 1988 dengan menjadi staf account officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Ia juga pernah menjabat sebagai direksi Bank Mandiri selama 10 tahun dan pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri dari tahun 2010 hingga 2013, menggantikan Agus Martowardojo yang diangkat menjadi Menteri Keuangan saat itu. Zulkifli juga sempat menjadi calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan namun kandas di tengah jalan. (*)

Baca Juga