Trump Terapkan Tarif Tambahan Baru untuk Produk Baja dan Aluminium

Market News
Fahmi Abidin
Senin, 27 Januari 2020 10:15 WIB
Presiden Donald Trump memberlakukan tarif tambahan untuk produk baja sebesar 10% dan aluminium 25%, dan efektif berlaku Pada 8 Februari 2020.
Trump Terapkan Tarif Tambahan Baru untuk Produk Baja dan Aluminium. (Foto: Ist)

IDXChannel - Presiden Donald Trump memberlakukan tarif tambahan untuk produk baja sebesar 10% dan aluminium 25%, dan efektif berlaku Pada 8 Februari 2020.

Penetapan tarif baru ini merupakan kelanjutan dari kebijakan Trump yang menggunakan kekuasaan tarif sejak menjabat sebagai POTUS.

"Produsen luar negeri telah meningkatkan pengiriman produk turunan tersebut ke AS untuk menghindari bea masuk aluminium dan baja," kata Trump.

Dikutip dari iNews, Trump memberikan pengecualian untuk beberapa negara dari tarif baru tersebut. Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Meksiko, dan Korsel dikecualikan tarif tambahan untuk produk turunan baja.

Sementara Argentina, Australia, Kanada, dan Meksiko dibebaskan dari tarif tambahan produk turunan aluminium.

Trump mengatakan, tarif tambahan baja dan aluminium impor diterapkan untuk mendorong produksi nasional. Dia menyebut, industri baja dan aluminium terkait erat dengan isu keamanan nasional.

Menurut Trump, sejak kebijakan tarif diberlakukan, impor baja dan aluminium turun, namun produk turunannya meningkat seperti paku baja dan kabel aluminium. (*)

Baca Juga