AALI
9750
ABBA
226
ABDA
0
ABMM
780
ACES
1470
ACST
290
ACST-R
0
ADES
1675
ADHI
1175
ADMF
8075
ADMG
167
ADRO
1185
AGAR
428
AGII
1110
AGRO
940
AGRO-R
0
AGRS
456
AHAP
71
AIMS
530
AIMS-W
0
AISA
280
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
590
AKRA
3370
AKSI
785
ALDO
890
ALKA
254
ALMI
236
ALTO
320
Market Watch
Last updated : 2021/05/06 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
472.68
-0.2%
-0.95
IHSG
5970.24
-0.09%
-5.67
LQ45
888.95
-0.17%
-1.47
HSI
28637.46
0.77%
+219.46
N225
29331.37
1.8%
+518.74
NYSE
16348.41
0.36%
+59.14
Kurs
HKD/IDR 1,841
USD/IDR 14,315
Emas
824,769 / gram

Ingin Cuan saat Ramadhan? Cek Disini Peluang Bisnis Frozen Food

ECONOMICS
Shifa Nurhaliza
Minggu, 04 April 2021 19:01 WIB
Saat ini, tidak sedikit orang yang kini menaruh minat untuk membeli frozen food, terutama sebagai stok makanan selama masa pandemi ini
Ingin Cuan saat Ramadhan? Cek Disini Peluang Bisnis Frozen Food (FOTO:MNC Media)


IDXChannel - Halo sobat investor, banyak peluang bisnis frozen food yang boleh dicoba nih!. 

Saat ini, tidak sedikit orang yang kini menaruh minat untuk membeli frozen food, terutama sebagai stok makanan selama masa pandemi ini. 

Di saat yang sama, bisnis frozen food saat ini juga menjadi tren usaha dengan peluang yang menguntungkan karena sifatnya yang praktis.


Apalagi jika Anda bisa menjual produk makanan beku yang tidak menggunakan pengawet ini, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri.

Bisnis frozen food memungkinkan untuk dilakukan dengan skala rumahan. Dengan begitu, Anda bisa memulai bisnis ini kapan saja. Untuk membantu Anda melihat lebih dekat dengan peluang bisnis frozen food ini, artikel ini akan mengulas lebih jauh mengenai tips memulai bisnis hingga perhitungan estimasi modal dan keuntungannya.

Adapun tips jika anda ingin berbisnis frozen food, sebagai berikut:

1. Tentukan jenis produk
Mulailah dengan memikirkan dengan tepat jenis produk frozen food apa yang akan Anda jual. Menentukan jenis produk olahan makanan beku ini di awal akan memudahkan langkah-langkah penting yang kemudian akan diambil untuk memastikan bisnis frozen food ini berjalan lancar kemudian.

Anda bisa memilih untuk menjual makanan beku berupa daging atau produk olahan daging, atau beberapa jenis makanan beku lainnya yang juga praktis saat akan disajikan seperti potongan kentang goreng, nugget, atau bakso. Ini juga tergantung pada kemampuan produksi Anda sendiri nantinya.

2. Perhitungkan modal awal
Jika Anda sudah menentukan produk bisnis frozen food apa yang Anda pilih, berikutnya Anda harus mulai menghitung anggaran modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini. Hitung kebutuhan apa saja yang harus disertakan dalam perhitungan modal awal, termasuk biaya yang dikeluarkan jika Anda harus bekerjasama dengan vendor atau pemasok kebutuhan bisnis frozen food ini. Pastikan perhitungan modal awal dilakukan serinci mungkin.

3. Siapkan peralatan utama
Saat menghitung modal awal, bisa juga sekalian mengkategorikan kebutuhan-kebutuhan primer hingga yang sifatnya tidak mendesak. Fokuskan anggaran modal Anda untuk membelanjakan peralatan-peralatan utama terlebih dahulu seperti mesin pendingin untuk menyimpan stok makanan beku.

Anda bisa berinvestasi sedikit lebih mahal dengan membeli mesin pendingin makanan dengan kualitas terbaik, daripada menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mesin mengalami kerusakan jauh sebelum masa depresiasinya tiba. Hal ini akan merugikan karena operasional bisnis akan terhambat. Belum lagi jika Anda harus mengeluarkan ekstra uang untuk memperbaiki mesin atau bahkan membeli mesin baru.

4. Pikirkan metode pengemasan
Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam bisnis frozen food adalah pengemasan produk makanan beku itu sendiri. Pengemasan yang baik akan mendukung kualitas frozen food itu sendiri. Oleh sebab itu. gunakanlah plastik khusus yang dibuat untuk makanan beku.

Plastik pembungkus untuk frozen food biasanya tidak memiliki pori sehingga makanan bisa tahan lebih lama. Makanan beku juga perlu divakum saat dikemas untuk mengeliminasi udara di dalam ruang penyimpanan makanan beku tersebut. Beri juga label pada kemasan, serta keterangan kadaluarsa produk.

Selain pengemasan, teknik penyimpanan stok frozen food juga penting untuk diperhatikan. Anda harus pastikan konsistensi suhu penyimpanan pada mesin pendingin yang digunakan, yaitu tidak lebih dari 18 derajat celcius.

5. Masuk pasar online
Masuk pasar online akan membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Platform online juga bisa digunakan sebagai media untuk melakukan ekspansi bisnis sehingga produk frozen food Anda bisa semakin banyak dikenali oleh pasar.

Ini berarti, tidak ada salahnya untuk mulai menggunakan media sosial juga sebagai medium berjualan. Anda bisa memberikan informasi pada konsumen terkait produk-produk dari bisnis frozen food Anda sendiri, termasuk memberikan promosi khusus melalui media sosial bisnis frozen food ini sebagai bagian dari strategi pemasaran. Selain itu dengan memiliki akun media sosial, para pelanggan yang menyukai produk frozen food Anda juga akan dengan mudah mempromosikan bisnis ini.

6. Miliki izin edar resmi
Mengingat bisnis frozen food ini berarti menjual produk makanan, maka sudah dapat dipastikan Anda harus mengikuti regulasi agar menjamin bahwa produk yang dijual aman. Oleh sebab itu, pastikan Anda telah memiliki izin edar resmi untuk produk makanan beku Anda ini sebelum dijual luas di pasaran. Dengan begini, konsumen juga akan semakin percaya dengan makanan beku yang Anda jual karena sudah teruji aman dan baik untuk dikonsumsi.
(SANDY)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD