AALI
8525
ABBA
580
ABDA
0
ABMM
1480
ACES
1350
ACST
250
ACST-R
0
ADES
2940
ADHI
880
ADMF
7675
ADMG
220
ADRO
1335
AGAR
370
AGII
1300
AGRO
2390
AGRO-R
0
AGRS
254
AHAP
63
AIMS
344
AIMS-W
0
AISA
206
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
590
AKRA
3880
AKSI
430
ALDO
720
ALKA
238
ALMI
242
ALTO
322
Market Watch
Last updated : 2021/09/17 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
459.02
0.03%
+0.16
IHSG
6133.25
0.38%
+23.30
LQ45
862.44
-0.03%
-0.26
HSI
24920.76
1.03%
+252.91
N225
30500.05
0.58%
+176.71
NYSE
16576.77
-0.3%
-50.11
Kurs
HKD/IDR 1,825
USD/IDR 14,220
Emas
805,205 / gram

Pendapatan Negara dari eSport Capai Rp25,1 Triliun

ECOTAINMENT
Fikri Kurniawan/Sindonews
Senin, 03 Mei 2021 18:11 WIB
Industri gaming dan eSports di Asia makin menunjukkan pamornya. Indonesia pun telah mencatat pendapatan Rp 23 triliun dari sektor tersebut.
esport naik pesat

IDXChannel - Industri gaming dan eSports di Asia makin menunjukkan pamornya. Berdasarkan data yang dihimpun dari Newzoo tahun 2020, Indonesia merupakan negara Asia Tenggara dengan pasar game yang potensial telah menyumbang pendapatan negara sebesar USD1,74 miliar atau sekitar Rp 25,1 triliun dengan kenaikan sebesar 32.7% setiap tahunnya.

Kepopuleran eSports di Indonesia tergambarkan dari maraknya media yang menayangkan berita atau seputar turnamen eSports, yang menjadi indikasi bahwa esports sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. 

Berdasarkan data tahun 2020, 68% revenue global mobile eSports berasal dari Asia, dan Indonesia menjadi peringkat teratas di Asia Tenggara untuk mobile gamers.

"Media kami sendiri trafiknya naik 60% selama pandemi, artinya ketertarikan mereka terhadap game bertambah karena momen ini dipergunakan oleh mereka untuk mengakselerasi keahlian bermain game selama di rumah," ujar Rangga Danu, VP Kincir dan Co-Founder IESPL, di Webinar ‘Leverage Esports to Grow Your Business’, Rabu lalu.

"Perkembangan esports sendiri di Indonesia tentu tak lepas dari peran ekosistem industri ini sendiri baik itu gim developer, player, stakeholder, terutama pemerintah," imbuhnya.

Pertumbuhan itu pun tak lepas dari meningkatnya pengguna internet dan mobile internet, menjadi salah satu alasan industri eSports di Indonesia ke depannya akan terus meningkat.


Selain itu, alasan industri ini masih akan berkembang di Indonesia adalah karena hardware smartphone yang menjadi semakin mumpuni dan akses internet yang meluas.


Dukungan dari pemerintah seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), juga turut andil dalam perkembangannya.

Kemenparekraf sendiri mengaku berusaha mengembangkan komunitas-komunitas industri eSports, dengan mendorong terbentuknya ekosistem yang ideal untuk mendukung perkembangan industri game nasional.

“Saya menyambut baik kebangkitan ekonomi Indonesia yang dipelopori oleh ekosistem esports. Mari kita bersama-sama bergandengan tangan mendorong kolaborasi dan pulihkan ekonomi agar Indonesia terus maju,” kata Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD