AALI
9650
ABBA
226
ABDA
0
ABMM
2370
ACES
790
ACST
168
ACST-R
0
ADES
7275
ADHI
820
ADMF
8075
ADMG
176
ADRO
2950
AGAR
324
AGII
2090
AGRO
725
AGRO-R
0
AGRS
122
AHAP
57
AIMS
250
AIMS-W
0
AISA
151
AISA-R
0
AKKU
50
AKPI
1535
AKRA
1055
AKSI
294
ALDO
835
ALKA
298
ALMI
292
ALTO
204
Market Watch
Last updated : 2022/06/28 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
537.61
-0.34%
-1.85
IHSG
6996.46
-0.28%
-19.60
LQ45
1007.64
-0.31%
-3.10
HSI
22418.97
0.85%
+189.45
N225
27049.47
0.66%
+178.20
NYSE
0.00
-100%
-14811.55
Kurs
HKD/IDR 1,888
USD/IDR 14,835
Emas
871,303 / gram

Raih Posisi Klasemen Ketiga, Sandiaga Apresiasi Keberhasilan Atlet E-Sports Asal Sulut

ECOTAINMENT
Kunthi Fahmar Sandy
Selasa, 24 Mei 2022 17:16 WIB
Tateego merupakan satu-satunya atlet asal Indonesia yang berhasil menduduki Top 8 klasemen dalam kompetisi balap motor virtual tersebut.
Raih Posisi Klasemen Ketiga, Sandiaga Apresiasi Keberhasilan Atlet E-Sports Asal Sulut (FOTO:Dok Ist)
Raih Posisi Klasemen Ketiga, Sandiaga Apresiasi Keberhasilan Atlet E-Sports Asal Sulut (FOTO:Dok Ist)

IDXChannel - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi keberhasilan Charles Hebingadil atau Tateego, atlet e-Sports asal Sulawesi Utara yang meraih posisi klasemen ketiga kategori Rest of The World dalam kompetisi MotoGP E-Sports.

Hal ini disampaikan Sandiaga dalam Weekly Press Briefing yang berlangsung secara hybrid dari Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2022). Sandiaga mengatakan, Tateego merupakan satu-satunya atlet asal Indonesia yang berhasil menduduki Top 8 klasemen dalam kompetisi balap motor virtual tersebut.

"Harapannya kalau belum ada rider Indonesia di MotoGP, paling tidak di E-Sports-nya kita ada di posisi tiga besar dunia. Semangat untuk Tateego," kata Sandiaga.

Tateego sendiri nantinya akan berlaga di lima seri balapan virtual. Di mana pada seri penutup Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat akan menjadi sirkuit yang dilombakan.

Sandiaga mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung pembentukan ekosistem industri game di Indonesia, sehingga dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat. Persiapan pembentukan ekosistem ini merupakan tugas yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo agar industri game di Indonesia bisa semakin maju dan berkembang pesat.

"(Tujuannya) agar e-sports atau industri gaming yang jumlahnya (potensi pasar) USD2 miliar lebih ini lebih membuka peluang bagi pelaku-pelaku gaming Indonesia seperti game developer sampai playernya. Jadi rantai industri gaming ini cukup panjang dan (bisa) membuka lapangan kerja yang luas," ujar Sandiaga.

Salah satu upaya yang akan dilakukan Kemenpareraf, lanjut Sandiaga, adalah dengan membentuk Badan Layanan Umum (BLU) untuk memberikan akses pembiayaan kepada developer game lokal. Sehingga, kualitas game lokal bisa semakin meningkat dan dipertandingkan di kancah internasional.

Sandiaga juga mengapresiasi keberhasilan kontingen E-sports Indonesia yang berhasil meraih dua medali emas, tiga medali perak, dan satu medali perunggu dalam Sea Games 2021 di Vietnam. "Untuk atlet-atletnya saya ucapkan selamat atas prestasinya karena sudah mendapatkan medali emas di Sea Games (pada game) PUBG Mobile dan Free Fire," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam, menuturkan, Kemenparekraf memberikan dukungan kepada Tateego yang berlaga di bawah bendera tim Gresini Racing ini. 

"Kami mendukung dari sisi pengurusan visa dan paspornya. Seluruh pembiayaan ditanggung oleh tim," kata Neil.

Neil berharap dengan adanya kehadiran Tateego_ dalam kompetisi ini bisa semakin memperluas promosi Indonesia, terutama dari sisi pariwisata dan potensi gim.

"Karena Tateego ini berasal dari Manado di mana di sana terdapat salah satu dari destinasi super prioritas yaitu Likupang. Harapannya ke depan bisa semakin banyak menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia," katanya.

Neil menambahkan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam industri game. Karena, diperkirakan ada 56 juta gamers yang tersebar di seluruh Indonesia.

Neil juga mengatakan pihaknya tengah mendorong developer-developer gim lokal untuk mempersiapkan lima gim lokal yang nantinya akan dipertandingkan dalam kompetisi-kompetisi E-sports. "Saat ini kita sudah dapat satu game mudah-mudahan dalam waktu dekat akan selesai keempat game lainnya," kata Neil.

(SAN)

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD