AALI
0
ABBA
0
ABDA
0
ABMM
0
ACES
0
ACST
0
ACST-R
0
ADES
0
ADHI
0
ADMF
0
ADMG
0
ADRO
0
AGAR
0
AGII
0
AGRO
0
AGRO-R
0
AGRS
0
AHAP
0
AIMS
0
AIMS-W
0
AISA
0
AISA-R
0
AKKU
0
AKPI
0
AKRA
0
AKSI
0
ALDO
0
ALKA
0
ALMI
0
ALTO
0
Market Watch
Last updated : 2022/05/25 Data is a realtime snapshot, delayed at least 10 minutes
IDX30
539.29
-0.73%
-3.98
IHSG
6883.50
-0.44%
-30.64
LQ45
1009.51
-0.63%
-6.42
HSI
20171.27
0.29%
+59.17
N225
26855.30
0.67%
+177.50
NYSE
15080.98
0.3%
+45.11
Kurs
HKD/IDR 1,866
USD/IDR 14,657
Emas
875,038 / gram

Kisah Sukses Thomas Rowe Price, Jr Pencetus Investasi Reksa Dana

INSPIRATOR
Mohammad Yan Yusuf
Kamis, 12 Mei 2022 12:28 WIB
Kisah sukses Thomas Rowe Price, Jr sangatlah menginspirasi
Kisah sukses Thomas Rowe Price, Jr. (Foto : findagrave)
Kisah sukses Thomas Rowe Price, Jr. (Foto : findagrave)

IDXChannel - Kisah sukses Thomas Rowe Price, Jr sangatlah menginspirasi. 

Lewat reksa dana dan firma investasinya, kisah sukses Thomas Rowe Price, Jr akhirnya mengembangkan investasi dan menjadikan dunia saham sebagai bahasan menarik. 

Lalu bagaimana kisah sukses Thomas Rowe Price, Jr? Simak ceritanya. 

Masa Kecil

Price lahir pada 16 Maret 1898 dari pasangan Thomas Rowe Price Sr. dan Ella Stewart Black, di Glyndon, Maryland, dekat Baltimore. 

Ayahnya adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, begitu pula kakeknya Benjamin F. Price. Thomas Sr. menjabat sebagai ahli bedah untuk Western Maryland Railroad selama beberapa dekade serta "dokter pedesaan" lokal untuk Glyndon, dan merupakan dokter yang merawat saat melahirkan anak-anaknya sendiri. 

Ibu Price Ella adalah putri Samuel Black, seorang pembangun dan kontraktor terkemuka di Baltimore, dan bibi dari S. Duncan Black , salah satu dari dua pendiri perusahaan alat listrik Black and Decker yang berbasis di Towson, Maryland.

Masa Sekolah dan Pernikahan

Price bersekolah di Glyndon School di Glyndon, Maryland, serta Franklin High School di tempat yang sekarang bernama Reisterstown, Maryland , dan, secara singkat, Friends School of Baltimore. 

Pada tahun 1919, ia menerima gelar sarjana kimia dari Swarthmore College, di mana ia menjadi anggota persaudaraan Delta Upsilon . 

Pada tahun 1927, Price menikah dengan Eleanor Baily Gherky, berasal dari Philadelphia, Pennsylvania. 

Ayah Eleanor, William D. Gherky, adalah seorang penemu dan insinyur yang pernah menjadi "mantan rekan peneliti Thomas Alva Edison" dan telah membantu mengubah kota-kota besar Amerika seperti New York, Boston, Chicago, Columbus, Philadelphia, dan Baltimore dari tenaga gas dan uap menjadi listrik. 

Mendirikan Usaha 

Sempat bekerja di perusahaan kimia DuPont di awal karirnya. 

Price kemudian keluar setelah menyadari bahwa dia lebih tertarik pada pengelolaan uang daripada penelitian ilmiah, dan meninggalkan DuPont untuk bergabung dengan serangkaian perusahaan investasi kecil dan pialang.

Ia kemudian berkerja selama satu dekade di tiga perusahaan investasi dan pialang, kala itu, Price membentuk visi khusus untuk operasi perusahaan investasi yang secara khusus menggabungkan fokus pada investasi pertumbuhan dengan sistem biaya tanpa beban (komisi) untuk klien. 

Price percaya bahwa penjualan komisi berpotensi tidak etis, dan sebaliknya menekankan sistem kompensasi berdasarkan persentase biaya tahunan dari total aset yang dikelola yang menurutnya menyelaraskan kepentingan manajer dana dengan kliennya.

Pada pertengahan tahun 1930-an, Price telah naik menjadi kepala investasi untuk perusahaan MacKubin, Legg and Co. (pendahulu dari perusahaan investasi saat ini Legg Mason ), tetapi mendapati dirinya terus-menerus berselisih dengan rekan-rekannya yang berfokus pada komisi berbasis investasi nilai . 

Dengan tiga rekan lain dari MacKubin di belakangnya, Rowe berangkat untuk membentuk firman nya sendiri, yang ia dirikan pada tahun 1937 dan diberi nama T. Rowe Price and Associates.

Karir Cemerlang

  1. Rowe Price , seperti namanya sekarang, adalah perusahaan investasi dan reksa dana multinasional yang berkantor pusat di Baltimore yang mengelola miliaran dolar per tahun. 

Price secara pribadi mengelola perusahaan sampai dia menjual sahamnya di perusahaan pada tahun 1966 dan pensiun pada tahun 1971.

Price terkenal karena mendefinisikan dan mempromosikan konsep saham pertumbuhan , yang olehnya ia disebut sebagai "bapak investasi pertumbuhan ". 

Ia percaya bahwa investor dapat memperoleh pengembalian yang unggul dengan berinvestasi di perusahaan yang dikelola dengan baik di bidang subur yang pendapatan dan dividennya dapat diharapkan tumbuh lebih cepat daripada inflasi dan ekonomi secara keseluruhan. 

Inti dari pendekatan Price, penelitian kepemilikan untuk memandu pemilihan investasi dan diversifikasi untuk mengurangi risiko, tetap menjadi bagian dari prinsip perusahaan. Alih-alih membebankan komisi, seperti yang dilakukan orang lain dalam bisnis saat itu, Price membebankan biaya berdasarkan aset yang dikelola, yang mengikat keberhasilan perusahaan investasi dengan keberhasilan portofolio dan saham yang diinvestasikan.

Price meninggal pada tahun 1983, setelah itu keluarga Price tidak lagi mengambil bagian dalam menjalankan perusahaan. Perusahaan, sekarang bernama T. Rowe Price Associates, go public pada tahun 1986 dan ditambahkan ke Indeks S&P 500 pada tahun 1999.

Itulah kisah sukses Thomas Rowe Price, Jr yang bisa menjadi inspirasi Anda. Semoga ini menambah wawasan Anda. 

link copied to clipboard
COPY TO CLIPBOARD