DBS Tertarik Beli Bank Permata, Ini Detailnya
Market News
Fahmi Abidin
Kamis, 10 Oktober 2019 11:45 WIB
DBS Group Holdings Ltd disebut ingin membeli Bank Permata. Salah satu bank di Singapura itu dikabarkan dekati Standard Chartered Plc untuk melepas sahamnya.
DBS Tertarik Beli Bank Permata, Ini Detailnya. (Foto: Ist)

IDXChannel - DBS Group Holdings Ltd disebut ingin membeli Bank Permata. Salah satu bank terbesar di Singapura itu dikabarkan mendekati Standard Chartered Plc untuk melepas sahamnya.

Dikutip Bloomberg, Kamis (10/10), DBS sedang melakukan kajian soal kemungkinan untuk menawar Bank Permata. Nilai kapitalisasi pasar bank BNLI saat ini mencapai Rp32 triliun.

Meski demikian, keinginan DBS masih tahap awal dan bisa saja berakhir tangan hampa. Diperkirakan realisasinya baru akan diambil sekitar satu bulan ke depan.

Selain DBS, beredar nama peminat Bank Permata mulai dari Oversea Chinese Banking Corp (OCBC) dan Sumitomo Mitsui Financial Group Inc yang juga mengincar Bank Permata. Sedangkan dari dalam negeri ada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

DBS Sebelumnya pernah melakukan penawaran untuk membeli bank asal Indonesia namun gagal. Saat itu, terbentur aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) soal kepemilikan asing.

Sekadar informasi, Standard Chartered, bank asal Inggris saat ini menguasai 44,56% saham Bank Permata. Sementara 44,56% saham lainnya dikuasai PT Astra International Tbk (ASII), sisanya dipegang publik. (*)

Baca Juga