Erick Thohir Minta BUMN Farmasi Kembangkan Vaksin Covid-19

Market News
Shifa Nurhaliza
Rabu, 20 Mei 2020 15:45 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mendorong perusahaan negara di industri Farmasi untuk kembangkan vaksin Covid-19.
Erick Thohir Minta BUMN Farmasi Kembangkan Vaksin Covid-19. (Foto: Ist)

IDXChannel - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memanfaatkan pandemi Covid-19 untuk merapihkan perusahaan farmasi pelat merah. Menteri BUMN Erick Thohir mendorong perusahaan negara di industri Farmasi membuat terobosan dengan berbagai pihak termasuk asing untuk kembangkan vaksin Covid-19.

"Apa kerja sama dengan Eijkman, atau dengan Kemenkes, apakah dengan lembaga internasional CEPI, Sinovac, untuk melakukan terobosan mengenai vaksin atau obat-obatan," jelas Erick, pada Rabu (20/5/2020).

Ditambahkan Menteri BUMN, Biofarma dan PT Dirgantara Indonesia juga sudah bisa mulai memproduksi ventilator lokal serta PCR test kit. Kemudian, BUMN Kesehatan juga telah berkontribusi dalam memberikan fasilitas penanganan khusus pasien Covid-19.

"RS kita sudah mengcover 50 persen tempat tidurnya yang friendly kepada covid dan ke depan ini bisa juga dipakai untuk TBC dan lain-lain karena ini menjadi nomor 1 dan kita juga coba mengadakan alat lab," tandasnya.

Sekadar informasi, Erick juga menyebut Telkom telah bersinergi dengan kementerian lain akan segera meluncurkan aplikasi PeduliLindungi untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

"Kami ke depannya siap mendukung data solution menjadi satu single data," pungkasnya. (*)

Baca Juga